Berita

Kebanyakan Minum Air Putih Juga Berakibat Buruk Pada Kesehatan

on

Jambur.com,Kesehatan-Air begitu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, ada baiknya konsumsi lah air putih dengan jumlah yang cukup, tidak kekurangan dan tidak berlebih. Kekurangan dan kebanyakan minum air putih sama-sama bisa berakibat buruk terhadap tubuh, terlebih bagi ginjal.

“Baiknya yaitu meminum air putih dengan cukup. Kepada orang dewasa, rata-rata 2,5 sampai 3 liter dalam sehari,” ujar Tunggul D Situmorang, dokter ahli penyakit ginjal dari RS MRCCC Siloam, Senin (26/2).

Tunggul mengatakan, terlalu banyak meminum air dapat membuat ginjal mengalami hiperfiltrasi. Sehingga akibatnya ukuran ginjal akan menjadi besar. Untuk orang normal, kondisi tersebut masih dapat ditoleransi oleh ginjal. Tetapi dapat berakibat fatal pada penderita gangguan ginjal.

“Untuk orang yang memiliki penyakit ginjal atau orang dengan satu ginjal, tidak bisa terlalu banyak minum. Karena ginjal tidak akan berfungsi dengan baik, terlalu banyak minum akan mengakibatkan hiperfiltrasi sehingga ginjal akan bengkak. Kerja jantung juga akan semakin payah,” kata Tunggul.

Walaupun begitu, kebanyakan meminum air putih juga tetap memiliki dampak negatif terhadap orang dengan ginjal normal. Parlindungan Siregar, ahli ginjal hipertensi FKUI RSCM mengatakan, kelebihan air di dalam tubuh bisa mengakibatkan penurunan kadar natrium dalam darah.

Kekurangan natrium bisa akan menyebabkan kantuk dan cepat lelah. Keadaan tersebut juga berakibat pada cairan tubuh yang menjadi encer lalu jumlahnya menjadi berlebihan. Sehingga sel-sel dalam tubuh akan bengkak, diikuti dengan pembengkakan otak lalu membuat kejang hingga kematian.

“Keseimbangan air diatur oleh ginjal. Jumlah air yang diminum harus sama dengan jumlah air yang dikeluarkan. Ukurannya rata-rata 2,5 sampai 3 liter per hari,” ujar Parlindungan.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you