Berita

Pembunuh TKI Adelina Terancam Terkena Hukuman Mati

on

Jambur.com,Jakarta-Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Datuk Sri Zahrain Mohamed Hashim mengatakan majikan yang membunuh TKI (Tenaga Kerja Indonesia), Adelina Jemira Sau (Lisao), terancam terkena hukuman mati karena pasal pembunuhan. Pihak kepolisian juga telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus ini.

“Malaysia mempunyai proses hukum yang lengkap dan adil. Kalau kenyataannya tersangka terbukti bersalah, maka hukuman maksimal yang akan diberikan yaitu hukuman gantung,” ujar Datuk Sri, di kantor Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).

Datuk Sri mengatakan, pengadilan sudah memutuskan dua tuntutan kepada dua orang tersangka pada kasus kematian Adelina. Mereka adalah ibu yang sekaligus majikan, dan anaknya.

“Ada dua tuntutan yang diberikan kepada dua orang tersangka yang telah ditangkap. Mahkamah memutuskan tuduhan pembunuhan kepada ibunya yang bertindak sebagai majikan sementara seorang lagi yang merupakan anaknya dituntut dengan UU Section B tentang imigrasi karena telah mempekerjakan pekerja ilegal,” kata Datuk Sri.

Pada kasus ini pemerintah Malaysia tidak akan menuntaskannta secara kenegaraan. Karena Adelina sendiri adalah pekerja ilegal di Malaysia. Jadi tidak ada landasan hukum yang kuat untuk memberikan hukuman kepada pelaku.

“Pada kasus ini, kami hanya akan mengambil sikap secara kemanusiaan untuk menuntaskan kasus Adelina dan memberi hukuman seadil-adilnya kepada pelaku,” tuturnya.

Menurut Datuk Sri, setelah menjalani proses hukum, para pelaku juga diwajibkan untuk menyelesaikan masalah kompensasi dengan pihak keluarga Adelina di Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Kami juga memperoleh maklumat dari KJRI Pulau Penang yang mengatakan bahwa kompensasi kepada keluarga korban telah diberikan. Jadi ada seseorang yang datang dan mengaku atas nama majikan pada pihak KJRI, lalu membayarkan kompensasi senilai 63.900 RM. Uang itu telah termasuk upah yang ditunggak, kompensasi, serta bantuan pemakaman jenazah,” ujar Datuk Sri.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you