Berita

Tak Hanya Film, Novel Dilan 1990 Juga Terjual Laris Manis

on

Jambur.com,Jakarta-Film Dilan1990  telah sukses mengambil hati pecinta film Indonesia. Hampir sebulan, film ini telah ditonton lebih dari 5,9 juta orang. Dilan 1990  kini berada di urutan kedua film Indonesia terlaris setelah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1.

Dilan 1990 merupakan film yang dibuat dari novel yang ditulis oleh Pidi Baiq, Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990. Novel ini awalnya hanya berupa unggahan pada blog pribadinya. Sebelumnya penerbit berencana agar cerita tersebut akan diterbitkan dalam bentuk novel.

Meskipun cerita telah disebar dengan gratis di blog, pembeli buku juga terus ramai. Cerita yang diunggah dalam blog memang masih 80 persen dari isi bukunya.

”Terus laris karena banyak orang pingin tahu sisa ceritanya yang 20 persen,” kata Pidi.

Sejak diterbitkan pada 2014, kisah Dilan merupakan novel resmi pertama Pidi. Sebelumnya, Pidi menerbitkan buku kumpulan cerita, seperti serial Drunken Monster: Kumpulan Kisah Tidak Teladan (2008), Drunken Molen: Kumpulnya Kisah Tidak Teladan (2008), Drunken Mama: Keluarga Besar Kisah-kisah Non Teladan (2009), dan Drunken Marmut: Ikatan Perkumpulan Cerita Teladan (2009).

Kemudian kisah Dilan berkembang dalam tiga seri buku Dilan, yaitu Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990 (2014), Dilan Bagian Kedua: Dia adalah Dilanku Tahun 1991(2015), serta Milea: Suara dari Dilan (2016), yang telah terjual sebanyak 1 juta eksemplar. Itu masih dalam bentuk fisik, belum terhitung dalam e-book.

”Buku Dilan pertama sejak terbit hingga sekarang tetap ada di rak best seller, tidak pernah turun,” ujar Manajer Produksi Mizan Pustaka Benny Rhamdani, penerbit seri buku Dilan.

Selain itu, cetakan ulang buku Dilan juga begitu berbeda. Biasanya buku lain hanya dicetak sebanyak 2.000-3.000 eksemplar, sedangkan cetak ulang buku Dilan ada sekitat 5.000-10 ribu eksemplar.

Dari penjualan buku Dilan tersebut, kabarnya Pidi memperoleh royalti maksimal 10 persen.

”Saya belum hitung penjualan bukunya, karena royaltinya langsung sama istri, he he he,” kata Pidi.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!