Berita

Fahri Hamzah Sebut KPK Dan Nazarudiin Telah Bersekongkol

on

Jambur.com,Jakarta-Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meradang setelah mendapat tuduhan dari Muhammad Nazaruddin. Fahri tidak terima disebut-sebut memperoleh uang korupsi ketika menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Hukum DPR periode 2004-2009.

Fahri mengaku sudah mendengar berbagai  tuduhan yang diberikan kepadanya. Menurut Fahri KPK dan Nazaruddin telah bersekongkol.

“Ada persekongkolan Nazar dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” kata Fahri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, (19/2/2018).

Fahri menyebut kalimat yang paling sering diucapkan Nazar adalah “Kita serahkan kepada KPK” dan “Saya paling banyak bantu KPK selama ini.” Nazar, menurut Fahri, juga mengaku telah menyebutkan banyak nama untuk ditindaklanjuti KPK. Inilah yang membuat Fahri beranggapan bahwa Nazaruddin dan KPK bersekongkol.

Tuduhan tersebut dilayangkan Nazarudiin usai bersaksi terhadap terdakwa kasus korupsi proyek pengadaan e-KTP, Setya Novanto di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin, (19/2/2018).

Mantan politisi Partai Demokrat tersebut juga mengatakan akan membongkar korupsi yang dilakukan oleh Fahri Hamzah. Tetapi Nazaruddin belum berterus terang kasus apa yang dilakukan oleh Fahri serta hanya mengatakan bahwa barang bukti akan segera diberikan pada KPK.

“Nanti saya kasih semuanya, dimana saya serahkan uang dan berapa jumlah yang diterima beberapa kali,” ujar Nazaruddin.

KPK melalui juru bicaranya, Febri Diansyah, mempersilakan Nazaruddin kalau ingin memberikan informasi.

“Kalau ada bukti pendukung, akan kami terima,” kata Febri Senin, (19/2/2018).

Namun, Fahri menuduh balik. Fahri mengatakan kesaksian Nazaruddin pada persidangan tersebut merupakan bentuk atas kekecewaan karena proses asimilasinya yang tertunda dan bocornya kembali dokumen pansus hak angket DPR terkait ratusan kasus Nazaruddin yang disembunyikan KPK. Penundaan proses asimilasi Nazaruddin karena dokumen KPK yang menjamin Nazaruddin tidak memiliki kasus tiba-tiba bocor.

Dalam keterangannya, Fahri Hamzah juga menegaskan bahwa pernyataan Nazaruddin tidak berhubungan sama sekali dengannya. Tuduhan itu, kata Fahri, hanya pengulangan persekongkolan Nazaruddin yang telah dilakukan hampir dasawarsa.

“Kerusakan akibat Nazar telah nyata, cukuplah,” kata Fahri.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you