Berita

Presiden Siapkan Empat Nama Calon Gubernur BI

on

Jambur.com,Jakarta-Presiden Jokowi dan wapres Jusuf Kalla telah mengantongi empat nama calon gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode 2018-2023. Adapun keempat nama praktisi ekonomi tersebut yakni, Bambang Brodjonegoro, Chatib Basri, Perry Warjiyo, dan Agus Martowardojo yang masih mempunyai kesempatan untuk kembali menjabat di periode kedua.

“Sebenarnya telah dibahas, tetapi presiden belum memutuskan. Empat nama yang masuk, apakah nama-nama tersebut atau kembali ke Pak Agus, sekarang dinilai semua dan telah dibahas dengan presiden dan wakil presiden,” kata Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Sofjan mengatakan, keempat nama calon tersebut kini menunggu keputusan dari presiden Jokowi dan akan segera diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Menurutnya Sofjan, Jokowi sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan keempat calon tersebut.

“Pemilihan gubernur BI ini tentu harus sesuai dengan situasi dunia sekarang yang ada ketidakpastian, tiba-tiba saham New York jatuh, Amerika ingin menaikkan bunganya. Wajib kita jaga, jangan sampai berakibat kepada Indonesia,” ujarnya.

Masa jabatan Gubernur BI Agus Martowardojo akan segera habis pada bulan Mei yang akan datang.
Presiden Jokowi nantinya akan mengajukan nama calon gubernur BI kepada DPR agar dibahas dalam rapat pimpinan DPR dan rapat paripurna.

Selanjutnya Komisi XI yang mengurusi keuangan dan perekonomian akan melakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) calon yang diajukan. Selanjutnya hasil tersebut akan dibacakan dan diambil keputusan tingkat akhir dalam rapat paripurna. Jika disetujui, maka Presiden akan melantik orang baru melalui Keputusan Presiden (Keppres).

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you