Berita

Kebijakan Satu Peta Akan Diterbitkan Agustus 2018

on

Jambur.com,Jakarta-Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Hasanuddin Z Abidin mengatakan kebijakan satu peta Indonesia dapat diterbitkan kira-kita Agustus ini. Hal tersebut jauh lebih cepat dari target Presiden Jokowi yakni 2019 mendatang.

Saat melakukan rapat terbatas hari ini, Presiden Jokowi meminta agar kebijakan satu peta cepat diselesaikan. Sebab, dia sering menemui sejumlah sengketa seperti tumpang tindih lahan karena perbedaan peta, terutama di daerah.

“Kami telah pastikan maju. Jadi insya Allah pada Agustus 2018 kami akan selesaikan. Semua selesai,” kata Hasanuddin di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (5/2/2018).

Hasanudddin mengatakan, peta tunggal tersebut nantinya akan berukuran 1:50.000. Tetapi, hal itu, menurutnya, tidak bersifat tetap dan akan tetap dikembangkan dan diperbarui.

Peta tersebut juga akan dikembangkan oleh jajaran BIG berukuran 1:5.000 mencakup desa, tata ruang, reforma agraria, setelah kebijakan peta 1:50.000 diterbitkan.

Setelah ditargetkan selesai dalam waktu enam bulan mendatang, peta tersebut juga belum bisa diakses publik. Tetapi hasil penyatuan peta tersebut disebut akan dapat diakses oleh kementerian dan lembaga. Ia pun tidak mendetailkan, kapan waktu peta tersebut bisa diakses publik.

“Kalau itu diakses publik, nanti dapat digunakan orang berniat buruk seperti diubah. Maka dari itu, protokol pemakaiannya sedang digarap oleh Kemenko Perekonomian. Mana yang boleh diunduh, tertutup, dan dibaca saja,” ujarnya.

Setelah memastikan akan diterbitkan pada Agustus, Hasanuddin mengaku masih menemui hambatan, seperti belum masuknya seluruh pemetaan dari kementerian dan lembaga seperti pemetaan hidrologis gambut dan peta rawan banjir perkotaan.

Selain itu, sumber daya manusia (SDM) yang paham tentang pemetaan serta kelembagaan BIG juga masih hanya ada di pusat. Padahal, Indonesia adalah negara yang sangat besar dan luas.

“Itu masih darat. Laut sehslarusnya juga mulai. Salah satu tugas BIG memetakan dasar rupa bumi Indonesia, lingkungan pantai, serta laut nasional,” ujar Hassanudin.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you