Berita

BAKERCAB GMNI Kota Medan Gelar Kaderisasi Tingkat Dasar dan Diskusi Bersama Buruh dan Rakyat

on

Jambur.com/Berita Mahasiswa – Badan Kerja Cabang Gerakan (BAKERCAB) Mahasiswa Nasional Indonesia (GmnI) Kota Medan sebagai salah satu organisasi mahasiswa terbesar di kota Medan maupun di seluruh Indonesia telah usai menyelenggarakan perhelatan kegiatan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) bagi para anggotanya.

Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) dalam organisasi GmnI merupakan proses lanjut tingkatan pertama yang diperuntukkan bagi seluruh anggota GmnI yang telah ditempa pada saat PPAB (Pekan Penerimaan Anggota Baru).

” KTD tersebut bertujan sebagai proses pendalaman ideologi kepada para calon kader sehingga dapat memahami arti dari “Marhaenisme” yang merupakan ideologi organisasi GmnI yang diturunkan oleh pendiri bangsa sekaligus presiden pertama negara Republik Indonesia,Bung Karno dan kelak ideologi ataupun dasar pemikiran Bung Karno dapat dikembangkan nantinya di era kekinian ini maupun di zaman akan datang,” jelas Bung Yersa Umar Hasibuan selaku Ketua BAKERCAB GmnI Kota Medan.

“Dengan pemahaman ideologi yang baik, maka para kader diharapkan akan mampu mengembangkan dan menerapkan ideologinya sebagai implementasi gerak materil organisasi.

KTD merupakan kritikan keras sekaligus sebuah solusi membangu yang ditawarkan oleh BAKERCAB GmnI Kota Medan terhadap proses pengkaderan anggota baru yang selama ini terkesan bernuansa ‘elite‘ dan sarat akan kemewahan dalam prosesnya, ” tegas Sekretaris BAKERCAB GmnI Kota Medan Bung Jhoni Frens Gultom.

KTD tersebut dilaksanakan mulai tanggal 2 hingga 5 Februari 2018 kemarin, dan dilaksanakan di Desa Pangkalan Dodek, kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, provinsi Sumatera Utara, di antara pemukiman penduduk yang mayoritas bekerja sebagai buruh dan petani.

Lokasi perhelatan kegiatan Kaderisasi Tingkat Dasar (KTD) ini dipilih dengan alasan bahwa tingkatan pertama pengkaderan haruslah dipahami sebagai orientasi kepada masyarakat tertinggal dengan penunjukan fakta yang ada sehingga calon kader mampu memahami secara nyata peran kader organisasi yang berwatak kerakyatan yang memang haruslah kembali kepada rakyat .

Pelaksanaan kegiatan serta lokasi kegiatan pengkaderan tingkat dasar tersebut juga mengusung tema, “Samenbundeling Van Alle Revolutionaire Krachten” yang artinya (kesatuan dari semua kekuatan revolusioner) sebagai bentuk penegasan bahwa kaum intelektual ataupun mahasiswa harus bersatu-padu dengan kekuatan utama revolusi yaitu rakyat.

Pengkaderan yang dilakukan ini juga dilaksanakan atas kerja sama BAKERCAB GmnI Kota Medan dengan Serikat Pekerja Multi Sektor (SPMS) Serdang Bedagai sebagai organisasi serikat buruh yang selama ini memperjuangkan hak-hak buruh. Kegiatan KTD tersebut juga diisi dengan diskusi dan silaturahmi calon kader dengan buruh yang tergabung di dalam organisasi buruh Serikat Pekerja Multi Sektor (SPMS) untuk menumbuhkan hubungan emosional yang baik dan intim  antara kekuatan-kekuatan revolusioner, yaitu kaum mahasiswa bersama buruh dan rakyat itu sendiri.

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you