Berita

Belum Tinggal Di Bulan, Manusia Telah Tinggalkan 187.400 Kg Sampah

on

Jambur.com,Jakarta-20 Juli 1969 merupakan sejarah yang tidak terlupakan dalam sejarah umat manusia. Karena saat itu merupakan pertama kali umat manusia resmi memijakkan kaki di Bulan.

Peristiwa tersebut merupakan sebuah lompatan besar bagi manusia untuk menjelajah dunia luar angkasa, karena setelah itu semakin banyak misi-misi peluncuran ke bulan.

NASA yang mendarat pertama menggunakan Apollo 11 sampai tahun 1972, sudah bolak-balik mendarat di bulan sebanyak 6 kali. Semua dengan misi yang berbeda.

Namun disisi lain kesuksesan manusia menuju dunia angkasa, ada beberapa ironi yang tidak terungkap, yakni sejumlah barang yang tertinggal atau ditinggalkan selama manusia melakukan misi-misi mereka di Bulan.

Selama 6 kali menjalankan misi, NASA telah meninggalkan sampah sebanyak 809 objek. Puing-puing tersebut merupakan beberapa peralatan ilmiah yang penting seperti modul pendaratan bulan, enam bendera Amerika dan 4 retroflektor atau cermin di Bulan yang digunakan oleh ilmuwan untuk mengetahui Bulan bergerak 3,8 cm lebih jauh dari Bumi setiap tahunnya.

Selain itu terdapat juga 96 kantong kotoran manusia, air kencing, serta muntah yang tertinggal di permukaan Bulan. Ada juga dua buah bola golf, gunting kuku, foto astronot James Irwin yang ditinggalkan oleh sang astronot sendiri.

Dan yang lebih aneh, ada sebanyak 100 tagihan sejumlah $2 yang lagi-lagi tertinggal di Bulan.

Tetapi ada alasan dari tertinggalnya tagihan tersebut. Selama misi Apollo, para astronot di bayar sebesar US$ 17.000. Beberapa orang saat itu menilai gaji tersebut kurang untuk orang paling terlatih dan terdidik di dunia melakukan satu misi paling berbahaya dan mahal yang pernah dilakukan.

Dua orang Astronot Apollo 15, James Irwin dan Dave Scott memutuskan untuk mengumpulkan semua tagihan dengan jumlah $2 dan membawanya ke Bulan dan mereka dapat mengambil foto di luar angkasa, menandatanganinya, membawa pulang ke Bumi lalu membuka lelang untuk sebuah keuntungan.

Tapi sayang mereka malah lupa membawa pulang ke Bumi dan meninggalkannya di permukaan Bulan.

Selain misi yang dilakukan Apollo, terdapat juga sampah bekas misi program robot Luna yang dilakukan Rusia. Jika ditotalkan, terdapat sebanyak 187.400 kilogram sampah yang ditinggalkan di permukaan Bulan.

Terkait isu sampah luar angkasa memang belakangan ini semakin mengemuka. Yang menarik adalah bagaimana cara untuk mengatasinya terutama saat manusia mengunjungi Bulan. Jangan sampai Bulan lebih dulu dipenuhi sampah sebelum manusia akan menghuninya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you