Berita

Bendera Korut Berkibar Menjelang Olimpiade Korsel

on

Jambur.com,Pyeongchang-Bendera kebangsaan nasional Korea Utara telah berkibar di negara tetangganya Korea Selatan dalam jelang pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang yang akan dilaksanakan pada 9 Februari mendatang.

Dilansir dari AFP, UU Keamanan Nasional Korea Selatan sebetulnya melarang segala bentuk penghargaan kepada Korea Utara yang salah satunya adalah pengibaran bendera, karena secara teknis kedua negara masih dalam kondisi perang.

Tetapi jaksa telah memutuskan untuk memberikan pengecualian karena pengibaran bendera ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan Olimpiade internasional, dimana seluruh lambang negara yang ikut, berhak untuk melakukan pengibaran benderanya.

Pengibaran bendera tersebut mulai digelar pada hari Kamis (1/2/2018), tepat saat dilaksanakan pembukan resmi asrama atlet Olimpiade.

Pada hari Senin sebelumnya, upacara penyambutan resmi para delegasi atlet juga telah dilakukan. Saat para atlet masing-masing negara telah tiba, mereka langsung disambut dengan lagu kebangsaan dan pengibaran bendera.

Lee Ji-Hye selaku juru bicara komite olimpiade mengatakan, pasukan pengawal militer Korea Selatan akan menjaga ketat setiap acara penyambutan tersebut, kecuali dengan delegasi Korea Utara, tanpa memberi alasan lebih lanjut.

Lee menambahkan, para atlet Korea Utara tersebut akan didampingi oleh panitia sukarelawan.

Kantor berita Yonhap mengatakan, langkah tersebut diambil karena “bukan hal yang pantas bagi militer Korea Selatan memberi hormat kepada simbol suatu bangsa yang merupakan musuh negara.”

Bender Korea Utara berkibar di Korea Selatan bukan yang pertama kalinya. Tahun 2003 lalu, bendera Korea Utara pernah berkibar saat negara terisolasi tersebut mengirimkan atlet ke pegelaran olahraga Daegu Universiade.

Kemudian bendera Korea Utara kembali dikibarkan dalam rangka penyambutan delegasi yang berpartisipasi dalam Kejuaraan Atletik Asia 2005 dan Asian Games 2014.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you