Berita

Grab Kembangkan Sistem Lacak Order Fiktif

on

Jambur.com-Pihak manajemen Grab kini telah memakai mekanisme pelacakan order fiktif yang dilakukan oleh mitra pengemudinya yang tidak jujur.

Lewat mekanisme yang diberi nama Grab Lawan Opik, dipercaya praktik order fiktif atau perbuatan membohongi sistem dengan pura-pura mengantar orderan dapat dicegah sehingga penumpang tetap dapat terlayani dengan baik.

“Kami menentukan sikap tegas pada pemesanan fiktif atau order fiktif, yang kalau di lapangan itu dikenal dengan istilah opik,” ujar Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, Rabu (31/1/2018).

Ridzki mengatakan, cara untuk melacak order fiktif dalam Grab Lawan Opik dilakukan dengan menggunakan sistem deteksi risiko dan kecurangan yang telah  dikembangkan pada enam pusat penelitian dan pengembangan yang tersebar di Asia.

Sistem tersebut memakai algoritma machine learning yang dapat mendeteksi praktik kecurangan dari oknum mitra pengemudi.

Selain itu, manajemen Grab dan pihak kepolisian telah bekerja sama dalam menerapkan sistem Grab Lawan Opik tersebut.

Sebelumnya Polda Metro Jaya dan Polda Sulawesi Selatan telah menangkap pelaku order fiktif karena ketahuan membohongi aplikasi dengan fake GPS atau yang sering disebut dengan tuyul.

“Kami tidak akan ragu untuk memberi hukuman berat dan memutuskan hubungan kemitraan dengan mitra pengemudi yang telah melanggar kode etik Grab,” tegas Ridzki.

Dengan adanya Grab Lawan Opik, pihak manajemen juga mengajak para mitra pengemudi agar sama-sama memerangi oknum yang mempraktekkan berbagai modus order fiktif.

Jika ada yang mengetahui pelakunya, Grab meminta agar segara melaporkan kepada pihak yang berwajib agar diproses lebih lanjut.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you