Berita

Komisi I DPR RI Sepakat TNI Terlibat Berantas Terorisme

on

Jambur.com,Jakarta-Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari sepakat dengan usulan agar TNI dilibatkan dalam pemberantasan aksi terorisme. Menurut Abdul, aksi terorisme merupakan kejahatan yang mengancam kedaulatan negara.

“Saya menilai ya, saya sepakat dengan Panglima TNI. Artinya, teroris juga harus dilihat sebagai sebuah ancaman kepada kedaulatan negara. Tidak hanya dibatasi pada kriminalitas semata,” kata Abdul di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (29/1/2018).

“Maka dari itu, terlibatnya TNI ini karena berkaitan dengan kedaulatan negara. Saya dan kawan-kawan di Komisi I menyetujui akan itu,” sambungnya.

Abdul mengaku, dia akan tetap menyerahkan pembahasan tersebut sepenuhnya kepada Pansus RUU Antiterorisme. Dia mengaku menghormati proses revisi UU No 15 Tahun 2003 tersebut.

“Kalau itu ya domainnya kan UU Terorisme, ya. Tapi jika saya ditanya tentang ini sepakat nggak, ya saya sepakat. UU Terorisme Pansus nya biar berjalan, saya menghormati mereka. Saya tidak ingin¬†gimana-gimana,” ujar Abdul.

Sebelumnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah mengirimkan surat pada Ketua Pansus RUU Antiterorisme. Adapun isi surat tersebut yaitu menyangkut tentang usulan-usulan TNI, dari soal usulan penggantian nama RUU, definisi terorisme, sampai pada perumusan tugas TNI.

Surat dengan kop Panglima TNI yang bernomor B/91/I/2018 perihal ‘Saran Rumusan Peran TNI ditandatangani olehPanglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan dikirim kepada Ketua Pansus RUU Terorisme, dengan tembusan kepada Ketua DPR, Menko Polhukam, Menhan, dan Dirjen Peraturan Perundang-undangan.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you