Berita

Megawati Permasalahkan Netralitas KPU Dan Bawaslu

on

Jambur.com,Jakarta-Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta agar KPU dan Bawaslu segera mengevaluasi diri terkait akan netralitas kedua lembaga tersebut. Menurut Megawati, PDIP beberapa kali telah terkendala ketika berhubungan dengan KPU dan Bawaslu.

“Kami beberapa kali telah menemui kendala. Karena lembaga KPU dan Bawaslu itu harus memiliki sifat keterbukaan serta melakukan evaluasi perbaikan, karena kendala yang kami alami masih saja tidak netral,” kata Mega di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin, (29/1/ 2018).

Megawati mengatakan hal tersebut saat KPU dan Bawaslu melakukan verifikasi tingkat pusat pada partainya.

Menurut Megawati, para penyelenggara pemilu haruslah menerapkan asas jujur, adil, bebas dan rahasia. Para penyelenggara pemilu serta pemerintah, kata Mega, haruslah berdiri tegak di atas asas tersebut.

“Padahal untuk dapat menjalankan demokrasi yang baik, penyelenggara pemilu haruslah menerapkan asas sesuai dengan asas apa yang saya katakan tadi (bebas rahasia, jujur dan adil) serta undang-undang,” kata Megawati.

Megawati sangat mengharapkan agar pilkada serentak 2018 dan pilpres 2019 dapat memberi manfaat yang lebih baik bagi sistem demokrasi di Indonesia.

Megawati juga membuat perbandingan sistem pemilu di Indonesia dengan sistem pemilu yang ada di India. Menurut Mega, walaupun jumlah penduduk India lebih banyak dari Indonesia, tetapi India sangat memegang teguh asas demokrasi.

“Yang saya harap, penyelenggara pemilu serta pemerintah harus melakukan perbaikan,” ujar Megawati.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you