Berita

PLN Sumatera Utara Kembangkan Kapal Listrik Di Danau Toba

on

Jambur.com,Medan-PT. PLN (Persero) terdorong untuk mengembangkan sumber tenaga listrik karena adanya pengembangan Danau Toba yang berbasis ecopark. Salah satunya dengan perencanaan pengoperasian kapal listrik bagi masyarakat disekitar Danau Toba.

Pengembangan Danau Toba dengan konsep ecopark dinilai tepat dan sejalan dengan pengoperasian kapal listrik.

“Pembangunan Danau Toba yang berkonsep ecopark, penggunaan kapal listrik akan menurunkan polusi bahan bakar”, kata General Manager PT. PLN (Persero) Sumateta Utara, Feby Joko Priharto, Kamis, (25/01/2018).

Menurut Joko langkah pertama yang akan dilakukan adalah mengubah pola pikir masyarakat tentang penggunaan kapal motor menjadi kapal listrik. Meskipun tidak mudah, tapi dia dan pihaknya tetap akan melakukan usaha edukasi dari tahap demi setahap.

PLN Sumatera Utara juga akan bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dalammelakukan studi pengembangannya. Dipilihnya ITS karena PLN menganggap ITS telah mumpuni dalam ilmu perkapalan.

Usai melaksanakan studi pengembangan, selanjutnya akan dilakukan langkah penyusunan prototipe. Pengoperasian kapal listrik ditargetkan akan dilaksanakan mulai tahun ini. Setelah pengoperasian, kapal listrik diharapkan dapat menjadi hybrid.

Menurut PLN, listrik akan menjadi kebutuhan pokok dalam masyarakat. Seperti perangkat dan kendaraan dimasa depan yang diprediksi akan menjadi baterai sebagai sumber tenaga. Maka dari itu PLN Sumatera Utara telah memulai memperbanyak Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU).

“Tujuannya, pembangunan SPLU adalah sebagai mendukung operasional kapal. Nantinya kapal akan diisi baterainya setiap satu kali antaran. Jadi itu pasti mengurangi polusi bahan bakar minyak”, ujar Feby.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you