Berita

KPK : Sebanyak 178 Calon Kepala Daerah Belum Lapor Jumlah Harta Kekayaan

on

Jambur.com,Jakarta-Sebanyak 178 calon kepala daerah dalam Pilkada serentak 2018 belum memberikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Terhitung baru 972 calon kepala daerah yang telah memberikan laporan tersebut. Sementara, menurut data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), terdapat sebanyak 575 pasangan calon kepala daerah atau 1150 orang yang telah mendaftar untuk maju pada pemilihan kepala daerah tersebut.

“Maka terhitung cukup banyak calon kepala daerah yang belum melaporkan kekayaan kepada KPK,” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis (18/1/2018).

Febri mengatakan, pada Jumat (19/1/2018) adalah hari terakhir bagi para calon kepala daerah untuk memberikan LHKPN. Hingga kini KPK telah menyiapkan 10 meja pendaftaran bagi para calon kepala daerah yang akan datang langsung.

“Kami akan tunggu sampai jam kerja berakhir. Selain itu, pelaporan secara online masih terbuka melalui e-LHKPN,” ujar Febri.

Febri menjelaskan, sejumlah data yang telah terkumpul, calon kepala daerah terbanyak yang telah melaporkan LHKPN yaitu dari wilayah Jawa Barat dengan 98 orang, Jawa Timur 78 orang, dan Nusa Tenggara Timur 74 orang.

Febri mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mengetahui besar dan jumlah kekayaan para calon kepala daerah tersebut, dapat mengakses di laman KPK, “Pantau Pilkada” di https://kpk.go.id/id/pantau-pilkada-indonesia.

“KPK kembali meminta kepada masyarakat agar memilih calon pemimpin yang memiliki konsep yang kuat menyejahterakan masyarakatnya dengan komitmen antikorupsi,” tutupnya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you