Berita

Pesan Najwa Shihab Untuk Menarik Minat Baca Buku Pada Anak

on

Jambur.com,Jakarta-Mengundang minat membaca pada anak memang agak ssusah gampang ya, Bun. Tetapi kita tidak boleh menyerah. Terlebih lagi ada tips dari Najwa Shihab nih untuk Ayah dan Bunda agar anak bisa rajin membaca buku.

Menurut mantan wartawan, presenter, sekaligus duta baca dan ibu dari satu anak, Najwa Shihab suka membaca dan bisa membaca itu sangat berbeda lho, Bun.

“Mungkin saja anak hanya bisa mengeja bukan membaca, tapi untuk mendapatkan makna dan upaya untuk melihat dunia melalui literasi atau bahan bacaan mereka masih sangat rendah,” ujar wanita yang dipanggil Nana ini.

Terkadang orang tua masih banyak yang keliru mengenai hal membaca pada anak. Menurut Najwa, ketika anak sudah bisa membaca maka orang tua menganggap peran nya sudah selesai dan lepas tangan. Selain itu orang tua juga sudah tidak memberikan bacaan buku pada anak atau berbagai macam permainan edukatif. Maka dari itu, Nana memberi beberapa tips agar anak hobby membaca buku.

“Libatkan jadi kegiatan sehari-hari. Maksudnya, libatkan kegiatan baca buku menjadi bagian dari keluarga juga,” ujar Najwa.

Dalam proses perealisasiannya tidak begitu harus formal, misalnya mengajak anak duduk lalu membaca. Soalnya kita juga dapat mengajak anak membaca lewat permainan juga.

“Misalnya saat di dalam mobil dan macet, kita bisa mengajak anak untuk tebak-tebakan seperti, ‘Ayo coba cari tulisan merah’. Buat membaca jadi suatu yang menarik,” tutur Nana.

Selain itu kita juga bisa tanamkan minat membaca anak lewat bermain role play. Misalnya, kita membacanya bergantian dengan si kecil, bermain ‘siapa yang menjadi siapa atau apa’. Tidak hanya itu, Najwa juga mendapat inspirasi dari para bunda yang tiap kali ia datangi di PAUD-nya.

“Saya tuh suka sharing sama ibu-ibu di PAUD yang saya datangi. Nanti mereka sengaja buat nanggung ceritanya, jadi saat ceritanya lagi seru si ibu akan berhenti di part itu, nah nanti anak-anak suka penasaran tuh pas si ibu diam,” ujar Nana.

Dengan begitu si anak yang nantinya akan mencari jawabannya dengan membaca buku tersebut atau malah menceritakannya di depan sang ibu. Menurut Nana, ibu sekarang sudah banyak yang kreatif kok.

“Intinya adalah buat membaca jadi suatu yang menyenangkan dan bukan kewajiban atau keharusan karena kuncinya sebenarnya di situ sih,” ujar Nana.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you