Berita

Tjahjo Kumolo: Pilkada 2018 Rentan Politik Uang Karena Bulan Puasa Dan Lebaran

on

Jambur.com,Jakarta-Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pilkada yang dilaksanakan tahun 2018 rentan dengan politik uang karena waktunya yang berdekatan dengan bulan puasa dan lebaran. Di bulan puasa dan lebaran kata dia, harga kebutuhan pokok pada umumnya meningkat dan masyarakat juga membutuhkan uang.

Pilkada serentak dilaksanakan pada 27 Juni 2018 dan sementara Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018.

“Semua daerah berpotensi rentan dengan politik uang, apalagi penyelesaian pilkada dekat dengan lebaran dan puasa,” ujar Tjahjo Kumolo di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa, (9/1/ 2018).

Tjahjo berharap penyelenggara dan pengawas pemilu memiliki aturan dan sanksi yang tegas bagi pihak yang ketahuan melakukan politik uang. Sedangkan bagi aparatur sipil negara, ujar Tjahjo, pemerintah telah memiliki sanksi tegas kepada pelaku politik uang.

Bawaslu menyatakan kesiapannya dalam mengantisipasi berbagai pelanggaran dalam penyelenggaraan pemilu. Selasa pagi, Bawaslu dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah berkoordinasi dan membahas berbagai hal terkait kemungkinan terjadinya pelanggaraan dalam pilkada 2018.

Bawaslu mendukung wacana Kapolri yang telah membentuk Satuan Petugas Anti-Politik Uang dalam mengawasi jalannya pilkada 2018.

“Harapannya kita semua bisa saling berkoordinasi dan tidak terjadi tumpang tindih kewenangan antar lembaga,” ujar Ketua Bawaslu, Abhan.

Pengawasan pilkada semakin ketat karena selain Satgas Anti-Politik Uang Polri, ada juga Satgas Anti-Politik Uang bentukan KPK dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang terdiri dari polisi dan jaksa.

Sentra Gakkumdu nantinya mengolah laporan masyarakat soal tindak pidana pemilu, termasuk terjadinya politik uang.

“Jadi nantinya semua aduan kepada Satgas Anti-Politik Uang ini akan masuk ke Gakkumdu untuk diproses,” ujar Abhan.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you