Berita

Bambang Widjojanto Dilantik Sebagai Ketua Komite Pencegahan Korupsi Jakarta Di TGUPP Anies Baswedan

on

Jambur.com,Jakarta-Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto telah dilantik sebagai Ketua Komite Pencegahan Korupsi pada Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (3/1/2017).

Komite ini merupakan tim yang disusun oleh Anies Baswedan bidang pencegahan korupsi. Anies mengatakan, komite ini adalah salah satu tugas dan prioritas yang harus disukseskan pada 100 hari pertama pemerintahan.

“Komite Pencegahan Korupsi Jakarta bertujuan menjadi penghubung antara Pemprov DKI dengan masyarakat dan lembaga negara lain seperti KPK seperti melakukan pengawasan dan pencegahan korupsi di DKI Jakarta,” ujar Anies di Balai Kota, Jakarta.

Di waktu yang sama, Anies juga memperkenalkan anggota komite TGUPP tersebut seperti, aktivis HAM, Nursyahbani Katjasungkana, mantan Wakapolri Komjen Pol (purn) Oegroseno, serta peneliti ahli tata pemerintahan Tatak Ujiyati. Mantan Ketua TGUPP di pemerintahan Ahok, Muhammad Yusuf juga memperkuat Komite PK ini.

Bambang mengatakan, komite PK Jakarta tersebut sudah dapat bekerja secepatnya setalah dilantik hari ini. Tetapi Bambang mengaku belum terima Surat Keputusan (SK) agar dia sudah bisa langsung bekerja.

“Kami baru dilantik per hari ini dan saya belum tahu SK nya telah ditandatangani atau belum,” ujar Bambang.

Bambang mengatakan, fokus komite dalam waktu dekat adalah konsolidasi internal, merumuskan tonggak penanda jarak (milestone), target kerja, rencana, bentuk koordinasi serta supervisi dengan jajaran satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Komite PK dibentuk berlandaskan Peraturan Gubernur No. 196 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 187 Tentang TGUPP.

Tugasnya adalah mengkaji dan menganalisis kebijakan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam rangka Pencegahan Korupsi, memberikan pertimbangan, saran dan masukan dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan pencegahan korupsi. Anggota dari komite sepenuhnya bertanggung jawab kepada Gubernur Anies dan Wakil Gubernur Sandi.

Kedekatan Bambang dengan Anies-Sandi mulai terlihat saat Pilkada DKI 2017. Bambang yang juga dikenal sebelumnya sebagai aktivis antikorupsi sebelum bergabung dengan KPK pada 2011-2015 itu adalah bagian dari tim sukses Anies-Sandi pada Pilkada DKI 2017.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you