Berita

Pemerintah Kembali Perpanjang Izin Sementara PT Freeport

on

Jambur.com,Jakarta-Pemerintah telah memastikan akan kembali memperpanjang Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara bagi PT Freeport Indonesia sampai bulan Juni 2018.

Hal tersebut tidak lepas karena sampai sekarang tidak ada keputusan pasti tentang empat poin perundingan yang masih dibahas yaitu agar perusahaan asal Amerika Serikat tersebut bersedia berganti izin dari Kontrak Karya (KK) menjadi IUPK.

Empat poin yang dimaksud antara lain, kelanjutan operasional hingga tahun 2041, pembangunan fasilitas pemurnian dan pengolahan mineral (smelter), stabilisasi investasi, dan skema divestasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, perpanjangan IUPK sementara Freeport ini adalah perpanjangan yang kedua kalinya. Sebelumnya pemerintah berharap agar empat poin tersebut dapat rampung sebelum akhir tahun 2017, tetapi dalam perjalanannya masih terdapat beberapa hal yang masih perlu difinalisasi.

Misalnya hingga saat ini pemerintah dan Freeport belum memperoleh titik temu ihwal tahapan divestasi sebesar 51 persen. Disisi lain pemerintah dan Freeport juga masih belum memiliki kekonsistenan soal kepastian pembangunan smelter.

“Namun sampai Desember, kami melihat ada komponen yang perlu difinalisasi. Jadi semuanya masih dalam proses, untuk menimbulkan kepastian, maka kami berikan extension (IUPK) sampai Juni 2018,” ucap Sri Mulyani, Selasa (2/1/2018).

Walaupun terkesan memberi tetap memberikan kelonggaran, ia berharap empat poin perundingan tersebut dapat terselesaikan sebelum tenggat waktu IUPK sementara Freeport berakhir.

“Kami berharap, IUPK permanen sudah di-issue bersamaan dengan smelter dan juga kepastian dalam investasi,” .

Di pihak lain, Juru Bicara Freeport, Riza Pratama mengaku bahwa pemerintah telah menyodorkan perpanjangan IUPK pada Desember lalu dan berlaku selama enam bulan ke depan.

“IUPK perpanjangan sudah diterbitkan sampai 30 Juni 2018,” ucap Riza.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you