Berita

Jusuf Kalla: Ekonomi Indonesia Masih Kalah Dengan Malaysia Dan Singapura

on

Jambur.com,Jakarta-Wapres Jusuf Kalla mengatakan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia belum bisa secepat negara-negara lainnya, padahal seluruh indikator ekonomi Indonesia menunjukkan sentimen yang positif. Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution juga mengakui hal itu.

Menurut JK, laju pertumbuhan ekonomi Indonesia memang masih kalah dengan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Hal tersebut dikarenakan kedua negara itu lebih baik dalam membangun sektor industrinya.

“Tahun 2017 merupakan dimana ekonomi beberapa negara yang semula rendah pertumbuhannya dan kemudian meningkat dan bahkan melampaui pertumbuhan Indonesia seperti Malaysia, Singapura. Jika dilihat perbedaan utamanya, mereka memiliki sektor industri yang jauh lebih besar peranannya dalam perekonomian,” ujar Darmin di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (2/1/2018).

“Disaat ekonomi global mulai membaik, dan mereka berorientasi ekspor, itu juga akan lebih cepat mereka manfaatkan. Sementara kita, ekspor kita itu masih didominasi oleh sumber daya alam, sehingga tidak terlalu cepat kalau dibandingkan dengan negara yang industrinya untuk ekspor lebih berperan,” tambahnya.

Dia mengatakan, pemerintahan Presiden Jokowi telah berusaha untuk mendorong industrialisasi sejak awal guna memberi efek berganda dalam perekonomian. Namun adanya perlambatan dalam perekonomian dunia sempat membuat upaya industrialisasi yang dilakukan mengalami hambatan.

“Tapi kita mau tidak mau harus masuk ke sektor industri. Harus mempercepat dan kita sedang mengidentifikasi dengan Kementerian Perindustrian, apa saja yang harus dikembangkan, yang juga dia mengekspor, tidak hanya kebutuhan dalam negeri. Kalau kita bertahan dengan kebutuhan dalam negeri, maka pertumbuhan tidak akan besar. Kita harus masuk ke ekspor,” tuturnya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!