Berita

Aina Gamzatova Wanita Muslim Penantang Putin Di Pilpres Rusia 2018

on

Jambur.com,Moskow-Vladimir Putin kini memiliki calon lawan baru pada Pilpres Rusia 2018. Lawan Putin kali ini adalah seorang perempuan bernama Aina Gamzatova. Gamzatova merupakan seorang muslim berhijab yang berasal dari daerah Dagestan.

Aina Gamzatova (46) sudah mendeklarasikan diri agar maju pada Pilpres Rusia yang akan dilaksanakan pada Maret 2018 mendatang. Gamzatova adalah seorang warga asli Dagestan yang merupakan wilayah yang dihuni oleh mayoritas muslim.

Deklarasi pencalonan diri Gamzatova terlihat sangat sederhana karena hanya melalui Facebook. Tetapi deklarasi tersebut disambut dengan suka cita oleh ratusan pendukung Gamzatova di Makhachkala, ibukota Dagestan. Ratusan pendukung  bergumul di jalanan kota dan membuat bermacam selebrasi.

Dilansir dari Aljazeera, Gamzatova cukup mempunyai modal untuk maju di Pilpres. Gamzatova adalah kepala grup media muslim terbesar Rusia. Bisnis grup tersebut terdiri dari TV, radio, surat kabar, penerbit buku-buku Islam. Grup tersebut juga kerap melakukan kegiatan sosial.

 

Suami Gamzatova, Akhmad Abdulaev adalah seorang mufti di Dagestan. Abdulaev merupakan suami kedua Gamzatova. Suami pertama Gamzatova adalah Said Muhammad Abubakarov telah meninggal dunia pada 1998 saat peristiwa ledakan bom mobil di Dagestan.

Apakah Mampu Mengalahkan Putin?

Bagaimana kira-kira peluang dari Gamzatova? Dalam upaya mengalahkan seorang Putin diyakini hal yang sangat sulit. Putin yang telah dikenal dan seorang pejabat top di Rusia sejak akhir 90-an mempunyai kantong basis massa di berbagai wilayah Rusia.

Seorang blogger terkenal di Rusia, Zakir Magomedov, mengatakan peluang Gamzatova dalam memenangkan pilpres 2018 termasuk ke dalam kategori mustahil.

“Terlalu konyol jika mendiskusikannya dengan serius,” ujar Magomedov.

Tetapi menurut Magomedov, Gamzatova akan meraup suara yang signifikan di daerah Dagestan dan Kaukasus Utara.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you