Berita

Ini Dia Tongkat Komando Panglima TNI Hadi Tjahjanto Seharga Rp 2 Juta

on

Jambur.com,Jakarta-Seorang pengrajin kayu di Blora memperoleh pesanan agar membuat tongkat komando yang akan dipakai oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Bagaimana ya kira-kira cara pembuatannya dan apa saja bahan pembuatannnya?

 

Edi Ekatantra, merupakan keanggotaan dari kesatuan Kodim 0721/Blora sekaligus bekerja sebagai pengrajin kayu yang tinggal di Jl. RA kartini, Kecamatan Kota Blora. Pada 8 Desember lalu, Edi dihubungi oleh Resimen Arned. Resimen Arned adalah pemesan tongkat komando untuk Panglima TNI yang baru, Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Ya tentunya ada kebahagiaan tersendiri bagi saya. Sebetulnya waktu pengerjaannya cuma memakan 10 sampai 15 hari. Namun kemarin agak sedikit kesulitan mencari bahan bakunya, sehingga ini agak molor,” ujar Edi, Jumat, (29/12/17).

Kesulitan mencari bahan baku merupakan satu alasan dari Edi karena menginginkan hasil yang sempurna. Edi telah memastikan bahwa bahan baku tongkat harus dari jati gembol. Meskipun begitu, Edi tetap terus memilih jati gembol yang mengandung kualitas terbaik.

Sebelumnya dia terlebih dulu meneliti dengan seksama setiap kayu jati gembol yang diperoleh. Sedikit saja ada retakan sekecil apapun, dia langsung mengganti kayu sampai dia benar-benar memperoleh kayu dengan kualitas utama.

“Kayu gembol jati ini merupakan kayu yang berupa akar dari pohon. Dari akar yang sampai selebar 1 meter, nantinya diambil yang paling tengah seukuran diameter 3 cm, karena itu yang paling kuat dan tua,” jelas Edi.

 

Tongkat komando tersebut kini sudah selesai dibuat dan sudah siap dikirim. Dengan ukuran 60 cm dan diameter 3 cm, bagian atas tongkat tersebut juga terdapat logam kuningan murni dengan berat 4 ons. Dan pada ujung tongkat terukir simbol TNI.

“Total saya kerjakan sendiri dan full hand made. Termasuk finishing-nya, sama sekali tidak pakai pelapis clear, tapi saya gosok-gosok sampai mengkilat seperti mengkilapkan akik,” tambah Edi.

Ketika ditanya berapa harga dari tongkat komando Panglima TNI tersebut, Edi juga memberi harga khusus. Untuk tongkat tersebut Edi memberi harga Rp 2 Juta.

“Khusus tongkat ini saya jual seharga Rp 2 juta,” ujar Edi.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you