Berita

Tim Cook Peroleh Gaji Bulanan Rp 3,45 Miliar Dari Apple

on

Jambur.com,Jakarta-Gaji yang diperoleh CEO Apple Tim Cook dalam sebulan adalah sebesar Rp 3,45 miliar. Dengan begitu, Cook memperoleh Rp 41.4 miliar (US$3,06 juta) sepanjang tahun 2017.

Itu merupakan masih hanya pendapatan Cook dalam berbicara gaji bulanan. Itu belum ditambah dari insentif tambahan sebesar Rp 126.48 miliar (US$9,33 juta) dan hadiah saham Rp 121 miliar (US$89,2 juta).

Sehingga kalau ditotalkan, selama tahun 2017 pendapatan Cook sampai pada Rp1,38 triliun (US$102). Gaji pertahun Cook mengalami kenaikan 74 persen jika dibanding tahun fiskal sebelumnya. Karena tahun lalu pendapatan dan keuntungan Apple tidak sebaik tahun ini.

Selain Cook, lima eksekutif Apple lainnya juga dihujani bonus. Satu orang eksekutif  memperoleh kompensasi sebesar Rp328 miliar (US$24,2 juta).

Kompensasi tersebut terdiri dari bonus yang masing-masing menerima Rp 40,6 miliar (US$3,11 juta). Sisanya adalah gaji dan hadiah saham.

Adapun lima orang eksekutif yang memperoleh bonus tersebut adalah Luca Maestri, Angela Ahrendts, Johny Srouji, Dan Riccio, dan Bruce Sewell.

Kepala ritel Apple, Angela Ahrendts, merupakan eksekutif yang memperoleh saham tertinggi dengan mengumpulkan US$24.216.072 (Rp328 miliar).

Perolehan atau gaji tersebut dipublikasikan oleh Bloomberg berdasarkan data Komisi Sekuritas dan Bursa Efek Amerika Serikat. Data tersebut biasanya dirilis sebelum diadakan pertemuan pemegang saham tahunan yang diadakan pada 13 Februari 2018 mendatang.

Pesawat pribadi

Tidak hanya mempublikasikan bonus petinggi Apple, perusahaan tersebut juga mengumumkan kebijakan direktur Apple yang mengharuskan Cook menggunakan pesawat pribadi. Hal tersebut bertujuan untuk semua perjalanan dinas dan pribadi Cook.

Kebijakan ini diberlakukan sejak 2017 dengan alasan demi kepentingan keamanan dan efisiensi Cook. Pria berusia 57 tahun tersebut memperoleh fasilitas mewah karena perannya sebagai CEO dianggap sangat penting.

MacRumors melaporkan bahwa selama tahun 2017, biaya perjalanan pribadi Cook mencapai US$93.109 (Rp1,26 miliar). Namun Apple justru mengeluarkan biaya keamanan pribadi lebih besar, US$224.216 (Rp3 miliar) untuk Cook.

Sementara itu, saham Apple naik 39 persen pada tahun fiskal 2017. Kenaikan itu terjadi tak lama setelah dimulainya penjualan iPhone X pada November yang dinilai para analis akan membantu mempercepat pertumbuhan pendapatan perusahaan.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you