Berita

Protes Gaji Perdana Menteri, Warga Kosovo Gantung Dasi Di Pagar Gedung Pemerintahan

on

Jambur.com-Sejumlah warga Kosovo menggelar protes di depan gedung pemerintahan. Cara yang digunakan terbilang unik, mereka menggantungkan dasi di pagar gedung sebagai bentuk penolakan atas kenaikan gaji Perdana Menteri Ramush Haradinaj.

Sekitar 300 dasi telah tergantung di pagar gedung pemerintahan. Para pendemo merasa perkataan Haradinaj yang meminta kenaikan gaji karena butuh berpakaian bagus sebagai bagian dari pekerjaan adalah hal tak masuk akal.

Tidak hanya dasi yang digantungkan dengan berbagai warna dan motif, sejumlah kemeja juga digantung di pagar gedung itu.

Sebelumnya, Haradinaj menerima haji 1.500 euro per bulan atau sekira Rp 24,1 juta. Namun, pada beberapa hari lalu, gajinya dinaikkan menjadi 3.000 euro atau Rp 48,2 juta. Para demonstran menilai bahwa meminta kenaikan gaji adalah tindakan yang kurang tepat. Pasalnya, angka pengangguran Kosovo mencapai 30 persen.

“Haradinaj tidak boleh lupa dia juga mewakili masyarakat yang tidak punya masalah dengan dasi, tapi memiliki masalah dengan kemiskinan,” sebut salah seorang pemimpin demo, Kushtrim Mehmeti, seperti dikutip dari AFP, Rabu (27/12).

Seorang demonstran lainnya, Halil Xani, menyebutkan bahwa dia hanya menerima gaji sebesar 75 euro atau 1,2 juta per bulan. Untuk mendapat gaji seperti Haradinaj, Xani mengaku mesti bekerja selama tiga setengah tahun.

“Ini sangat tidak masuk di akal, kami juga butuh uang, bukan cuma dia,” sebut Xani.

Pekan lalu, Haradinaj menyebut bahwa sebagai pemimpin negara, harusnya berpakaian rapi dan bagus merupakan keharusan yang tak bisa ditawar lagi. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan itu, solusi yang diambil adalah menaikkan gaji.

“Saya berkewajiban memakai dasi, saya tidak bisa keluar dengan pakaian lama,” ujarnya.

Kosovo merupakan negara di Eropa yang pada 2008 mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak dari Serbia. Sayangnya, Serbia dan beberapa negara lain hingga kini tidak mengakui kemerdekaan Kosovo.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!