Berita

Aneh! Bocah Ini Bisa Meninggal Jika Tiup Balon Atau Terlalu Bersemangat

on

Jambur.com-Jane Kilkenny (46) adalah wanita asal Doncaster, Inggris ini merasa khawatir terhadap putranya yang masih berusia 10 tahun. Bukan karena tingkah lakunya, melainkan karena kondisi yang dialami sang putra sangat langka. Zach Kilkenny (10) menderita sindrom moyamoya yang menyebabkan aliran darah ke otak menjadi terbatas. Jenis sindrom ini hanya menyerang satu dari satu juta orang.

Dilansir dari Daily Mail, Zach bisa saja meninggal jika ia meniup balon atau terlalu bersemangat. Bahkan jika jantung Zach berdetak terlalu cepat, ia akan terkena stroke yang dapat berisiko kematian.

Setiap saat Jane harus memaksa Zach untuk minum air putih agar tidak dehidrasi.
Jika Zach sempat dehidrasi, aliran darahnya akan terbatas.

“Hal seperti ini benar-benar tidak kamu inginkan akan terjadi di dalam hidupmu. Zach seperti bom waktu yang bisa meledak kapan saja,” ujar Jane. Meski begitu, Jane mengaku sangat bangga terhadap Zach.
Zach tidak pernah mengeluh atau merengek saat mendapat larangan untuk melakukan sesuatu hal.

Sindrom moyamoya ini di dapat Zach pada 2014 saat mereka berlibur ke Barcelona, Spanyol. Jane melihat ada yang tidak beres pada kondisi Zach setelah ia terjatuh.
Tangan kanan Zach terkulai dan wajahnya terlihat lemas.

“Sebelumnya juga ibuku juga pernah mengalami gejala seperti Zach, jadi aku segera membawanya ke rumah sakit,” tutur Jane. Saat berada di dalam ambulans, petugas medis mencoba menstabilkan kondisi Zach. Sesampainya di rumah sakit San Pau, Spanyol Zach langsung menjalani beberapa tes di rumah sakit.

Sehari setelah dilakukannya tes, dokter memberitahu Jane bahwa Zach menderita sindrom moyamoya yang diakibatkan oleh penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah di bagian otak. Dalam beberapa kasus, sindrom ini bisa langsung menyebabkan stroke.

Sampai sekarang, Zach harus menghindari hal-hal yang dianggap anak-anak sebagai kesenangan yang berbahaya baginya.
“Zach tidak bisa meledakkan balon, tidak dapat meniupnya. Karena jika ia terlalu mengeluarkan banyak darah, aliran darahnya akan menurun,” jelas Jane.
Saat ini Jane dan keluarganya masih berusaha mengumpulkan dana untuk membawa Zach menjalani perawatan untuk penyembuhan anaknya di Swiss.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!