Berita

7 Tokoh Politik Indonesia Yang Menjadi Perbincangan Sepanjang 2017

on

Jambur.com,Jakarta-Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat bersentuhan dengan politik dan pertarungan beberapa momen politik, salah satunya adalah pertarungan saat pemilihan umum Gubernur DKI 2017.

Berikut ini nama tokoh politik Indonesia yang hangat diperbincangkan di sepanjang tahun 2017:

1. Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi tetap menjadi topik pembicaraan sepanjang 2017, bahkan nama Presiden Jokowi masuk ke dalam tokoh dunia yang paling sering diperbincangkan di Twitter. Sejak dipercaya menjadi Presiden, Jokowi tak jarang melakukan belusukan ke penjuru negeri dan memerintahkan berbagai pembangunan infrastruktur.

2. Basuki Tjahaja Purnama Alias Ahok

Langkah dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam memulihkan berbagai kesemrawutan di Jakarta banyak dipuji publik. Kerja Ahok seperti sirna saat kasus penistaan agama menjeratnya dan kini divonis dua tahun penjara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

3. Setya Novanto

Tahun 2017 merupakan masa yang terbilang suram bagi politikus Golkar, Setya Novanto. Setnov lengser dari jabatan Ketum Golkar dan Ketua DPR setelah menjadi terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP. Setnov didakwa menerima suap Rp 99 miliar dan sampai saat ini masih menjalani proses persidangan.

4. Anies Baswedan

Anies Baswedan terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta melalui Pilkada yang berlangsung dengan panas. Tetapi kemenangan Anies diwarnai dengab berbagai isu seperti agama, ras, antargolongan. Beberapa lembaga survey mengatakan bahwa elektabilitas Anies dapat diperhitungkan dalam kontes Pilpres 2019. Tetapi Anies berulang kali mengatakan akan konsentrasi dan fokus mengurus Ibu Kota.

5. Jenderal Gatot Nurmantyo

Jenderal Gatot Nurmantyo mulai menghiasi perpolitikan Indonesia sejak akhir 2016 lalu. Kedekatannya dengan kelompok Islam yang akhirnya membuat dia banyak dibicarakan sebagai calon pemimpin yang kelak akan menjadi pilihan umat. Presiden Jokowi pun akhirnya mengganti Gatot Nurmantyo dengan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

6. Prabowo Subianto

Prabowo Subianto yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra masih menjadi tokoh kunci dalam dunia perpolitikan Indonesia. Dalam beberapa survey nama Prabowo juga masih menjadi pesaing kuat Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

7. Agus Harimurti Yudhoyono

Pilkada DKI Jakarta memunculkan sosok baru di panggung politik tanah air, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Walaupun akhirnya kalah, dia tercatat dalam beberapa survey termasuk tokoh yang dapat menjadi calon wakil presiden.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you