Berita

Penjelasan Sekjen PDIP Terkait Munculnya Nama Djarot Di Pilgubsu 2018

on

Jambur.com,Jakarta-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengusung mantan Wakil Gubernur sekaligus Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat pada Pilgubsu 2018. Menurut Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, keluarnya nama Djarot sendiri merupakan karena adanya usulan dari para relawan.

Para relawan menilai bahwa Djarot merupakan sosok pemimpin yang jujur serta diyakini mampu membawa perubahan pada Sumatera Utara. Hasto menyebutkan bahwa rencana pencalonan di Pilgubsu tersebut sebelumnya sudah disampaikan kepada Djarot. Akhirnya Djarot menyatakan siap untuk maju jika memang dipercayakan dan ditugaskan oleh PDIP.

“Sehingga kepemimpinan yang bersih dapat membawa perubahan pada Sumatera Utara,” ujar Hasto, Rabu, (27/12/2017).

Hasto menambahkan, selain nama Djarot, terdapat juga beberapa nama kader yang akan dipertimbangkan oleh partai, yaitu anggota Komisi I Effendi Simbolon, Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan, politikus PDIP, Maruarar Sirait sampai pada Ketua DPD PDIP Sumut, Japorman Saragih.

Walaupun begitu, PDIP belum memutuskan calon yang akan diusung pada Pilgub Sumut. Menurut Hasto, PDIP saat ini masih mengamati dinamika politik yang ada di Sumut. Selain itu PDIP juga tidak cukup memiliki kursi dan harus memiliki koalisi dengan partai lain agar bisa mengusung calon sendiri.

Total PDIP cuma memiliki 16 kursi di DPRD Sumut. Sementara salah satu syarat dalam pencalonan kepala daerah harus memiliki minimal 20 kursi di DPRD Sumut.

“Ya saat ini kita masih mencermati untuk Sumut, karena PDIP tidak dapat mengusung sendiri, harus bekerja sama dengan parpol lain untuk mengerucutkan gubernur dan wakil gubernur,” ujar Hasto.

Rencananya, jagoan di Pilgub Sumut akan diumumkan pada awal Januari 2018 mendatang sebelum KPU membuka tahap pendaftaran calon kepala daerah.

“Ya nanti awal Januari, selama ini kan PDIP selalu terdepan untuk mengambil keputusan pasangan calon, ini baru dikerucutkan dan baru menjajaki kerja sama dengan partai politik lain untuk menambah kekurangan kursi tersebut,” tutup Hasto.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you