Berita

Berikut Ini 10 Jembatan Yang Terpanjang Di Dunia

on

Jambur.com-Pada zaman era modern sekarang ini, teknologi juga kian semakin canggih dan membuat pembangunan infrastruktur juga semakin masif dan juga modern.

Salah satunya jenis infrastruktur yang semakin di desain modern dan berkembang teknologinya adalah jembatan. Kondisi geografis yang ekstrem bukan lagi menjadi halangan utama, karena jembatan telah dapat dibangun di atas laut ataupun rawa-rawa hingga mencapai panjang sampai ratusan kilometer.

Berikut ini rangkuman 10 jembatan terpanjang di dunia. Sebagian besar, tentu saja, berada di China dan Amerika Serikat.

10. Jembatan Basin Atchafalaya

Jembatan ini disebut juga dengan nama Louisiana Airborne Memorial Bridge, Basin Atchafalaya merupakan sepasang jembatan paralel yang menjadi penopang jalan tol Interstate 10 di atas rawa Atchafalaya pada negara bagian Amerika Serikat.

Negara bagian ini tepatnya adalah Louisiana yaitu antara Baton Rouge dan Lafayette.

Dengan total panjang 29,29 kilometer, jembatan Basin Atchafalaya adalah jembatan yang terpanjang ke-3 di Amerika Serikat dan 10 di dunia.

9. Jembatan Kereta Maglev Shanghai

Rel kereta yang memiliki panjang 30,5 kilometer ini ditinggikan dan terbentang dari Shanghai Pudong International Airport hingga pinggiran pusat kota Shanghai.

Tujuannya adalah di kota Shanghai penumpang bisa melakukan transfer pada kereta metro.

8. Jembatan Donghai

 

Jembatan Donghai yang memiliki total panjang 32,5 kilometer merupakan jembatan lintas laut yang terpanjang di dunia. Jembatan Donghai adalah jembatan yang menghubungkan daratan Shanghai dan pelabuhan air laut Yangshan di luar negeri di China.

7. Jembatan Runyang

Jembatan Runyang merupakan kompleks jembatan besar yang melintang di Sungai Yangtze di Provinsi Jiangsu, China, hilir Nanjing.

Kompleks tersebut terdiri dari dua jembatan utama yang menghubungkan Zhenjiang di tepi selatan sungai dan Yangzhou di utara.

Jembatan yang memiliki total panjang 35,66 kilometer tersebut masih satu bagian dengan Beijing-Shanghai Expressway.

6. Jembatan Teluk Hangzhou

Jembatan yang memiliki total panjang 35,673 kilometer, Hangzhou Bay Bridge merupakan jembatan trans-samudra yang terpanjang di dunia.

Jembatan Hangzhou berfungsi menghubungkan Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhejiang. Konstruksinya selesai pada 2007 dan kemudian selanjutnya langsung beroperasi.

5. Jembatan Manchac

The Manchac Swamp Bridge merupakan jembatan trestle beton kembar yang memiliki panjang 36,7 kilometer yang terdapat di negara bagian Louisiana, Amerika Serikat.

Jembatan yang mulai beroperasi pada tahun 1979 merupakan jembatan yang menjadi salah satu tol yang terpanjang di dunia. Tol tersebut adalah Interstate 55.

4. Pontchartrain Causeway

The Lake Pontchartrain Causeway, atau Causeway, merupakan sebagai jembatan yang terpanjang di Amerika Serikat dan jembatan terpanjang di dunia di atas air.

Konstruksi jembatan ini terdiri dari dua jembatan paralel yang terlintas diatas Danau Pontchartrain di Louisiana selatan, Amerika Serikat. Kedua jembatan ini memiliki total panjang 38,35 kilometer.

3. Bang Na Expressway

Jalan tol Bang Na merupakan jalan setinggi enam jalur yang memiliki panjang 55 kilometer di Thailand. Jembatan ini dirancang oleh Jean Muller International.

Jembatan Bang Na pernah dianggap menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia. Namun, Bang Na dikeluarkan dari daftar karena tidak melintasi badan air dari sebagian besar panjangnya.

Tubuh air terpanjang yang dilintasi jembatan Bang Na adalah Sungai Bang Pakong.

2. Jembatan Grand Tianjin

Tianjin Grand Bridge merupakan jembatan kereta api yang membentang antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing-Shanghai High-Speed Railway.

Jembatan Tianjin memiliki panjang total sekitar 113,7 kilometer. Konstruksinya selesai pada 2010 dan beroperasi setahun kemudian.

1. Jembatan Grand Danyang-Kunshan

Jembatan yang memiliki total panjang 164,8 kilometer, telah dinobatkan sebagai jembatan yang terpanjang di dunia.

Fungsi jembatan ini adalah sebagai penopang untuk Beijing-Shanghai High-Speed Railway yang melintasi berbagai medan seperti sawah, kanal, sungai dan danau.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you