Berita

Inilah Khasiat Daun Sirih Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

on

Jambur.com,Kesehatan-Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang berasal dari keluarga piper betle. Ternyata sangat sedikit orang yang mengetahui khasiat daun sirih sebagai bahan obat secara alami.

Daun sirih mengandung hidroksi kavikol, estargiol, fenilpropan, tanin, terpen, kavibetol, eugenol, karvakrol, seskuiterpen dan metileugenol. Di samping itu daun sirih juga memiliki kandungan minyak yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri sangat berguna bagi tubuh kita karena di dalam daun sirih terkandung zat antioksidan yang berfungsi membunuh bakteri dan berbagai macam jenis jamur.

Berikut beberapa khasiat dari daun sirih yqng menyimpan sejuta manfaat.

1. Menyembuhkan batuk kering dan berdahak

Caranya sangat mudah, rebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, lalu setelah mendidih biarkan selama 30 menit hingga terasa hangat-hangat kuku. Tuangkan ke dalam gelas dan minumlah 2 kali sehari.

2. Menghentikan mimisan

Caranya mudah, cukup mengatasinya dengan menggulungkan 1 lembar daun sirih dan diremas lalu masukan kedalam lubang hidung yang mimisan.

3. Mengatasi peradangan gusi

Caranya sama dengan meramu untuk batuk kering dan berdahak, rebus beberapa lembar daun sirih dengan 2 gelas air, lalu setelah mendidih biarkan selama 30 menit hingga terasa hangat-hangat kuku. Tuangkan ke dalam gelas dan minumlah 2 kali sehari.

4. Mengobati bisul

Tumbuklah daun sirih 4 lembar sampai halus, kemudian oleskan pada bisul.

5. Menghilangkan jerawat

Caranya, tumbuk 10 lembar daun sirih dan seduh dengan menggunakan air panas. Biarkan sampai hangat-hangat kuku, lalu usapkan ke wajah.

Begitu banyak manfaat dan khasiat dari daun sirih, sehingga tidak heran keberadaan daun sirih sangat disegani oleh orang tua zaman dahulu. Alasannya terbukti sampai sekarang masih ada bagi sebagian generasi yang memanfaatkan daun sirih sebagai bahan penelitian untuk kepentingan pengetahuan dan bahan obat herbal.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you