Berita

Jangan Sepelekan, Buah Yang Kaya Nutrisi Ini Ternyata Juga Berbahaya

on

Jambur.com,Kesehatan-Pepaya adalah buah super yang kaya dengan nutrisi, namun rendah kalori dan lemak. Pepaya berukuran sedang akan memberikan 300% nilai Vitamin C yang direkomendasikan setiap harinya. Namun, mengkonsumsi terlalu banyak pepaya tetap tidak baik untuk kesehatan.

1. Dapat menyebabkan keguguran

Pepaya mentah telah digunakan sebagai cara alami untuk menggugurkan kehamilan yang tidak diinginkan. Pepaya mentah mengandung zat yang dapat memicu kontraksi rahim. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan keguguran, persalinan dini, kelainan pada bayi dan bahkan kelahiran mati.

2. Menyebabkan karotenemia

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, kehadiran beta karoten dalam pepaya dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit, atau secara medis dikenal sebagai karotenemia. Ini adalah kondisi dimana mata menjadi putih, telapak kaki dan telapak tangan menjadi kuning.

3. Menyebabkan gangguan pernafasan

Papain adalah enzim yang ada di pepaya, merupakan alergen yang kuat. Konsumsi pepaya yang berlebihan bisa memicu berbagai gangguan pernafasan, seperti obstruksi nafas, hidung tersumbat dan bahkan asma.

4. Menyebabkan batu ginjal

Pepaya dengan panjang 5 inci diketahui mengandung 60 mg vitamin C, yang menghasilkan hingga lebih dari 300% nilai harian yang direkomendasikan. Antioksidan yang kuat, Vitamin C diketahui membangkitkan daya tahan tubuh, melindungi dari kanker, hipertensi, gangguan pembuluh darah dan bahkan dapat mencegah penuaan dini. Namun, penelitian menunjukkan bahwa dosis vitamin yang meningkat ini bisa menjadi racun, hal ini membuka jalan untuk pembentukan batu ginjal.

5. Menyebabkan sakit perut

Pepaya mengandung terlalu banyak serat. Sehingga makan pepaya dalam jumlah banyak, mungkin akan mengganggu sistem pencernaanmu dan menyebabkan sakit perut yang ditandai dengan kram perut, kembung dan mual.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you