Berita

Marsekal Hadi Tjahjanto Dilantik Sebagai Panglima TNI Yang Baru

on

Jambur.com,Jakarta- Tentara Nasional Indoneaia (TNI) telah resmi memiliki pemimpin baru pada hari ini. Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Jl. Veteran, Jakarta Pusat,  pukul 17:00 WIB pada hari Jum’at, (8/12/2017).

Pelantikan Marsekal Hadi tersebut dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla, Jenderal Gatot Nurmantyo dan sederet menteri kabinet kerja dan pimpinan lembaga negara.

Pelantikan Marsekal Hadi diawali dengan pembacaan Keppres No. 83 TNI Tahun 2017 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Setelah itu Presiden Jokowi menyematkan pangkat jabatan di pundak Marsekal Hadi. Lalu selanjutnya Presiden Jokowi memandu jalannya sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini, baik langsung maupun tidak langsung dengan rupa atau dari apa pun juga, tidak memberi atau menyanggupi akan memberi sesuatu pada siapa pun juga,” ucap Marsekal Hadi saat mengucapkan sumpah jabatan yang mengikuti perkataan Presiden Jokowi.

Dalam sumpahnya, Marsekal Hadi berjanji akan menjunjung tinggi HAM, demokrasi, supremasi hukum yang objektif, dan profesional. Setelah usai membacakan sumpah, Marsekal Hadi kemudian menandatangani berita acara pelantikan dan disaksikan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Presiden Jokowi juga ikut menandatangani.

Sebelumnya, Marsekal Hadi diajukan oleh Presiden Jokowi sebagai calon tunggal Panglima TNI ke DPR. Setelahnya Komisi I DPR melakukan fit and proper test  atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap Marsekal Hadi pada hari Rabu (6/12/2017) kemarin.

Setelah dinyatakan lulus, Marsekal Hadi dibawa ke paripurna dan disepakati oleh anggota dewan menjadi Panglima TNI pada hari Kamis, (7/12/2017).

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you