Berita

DPR Telah Menyetujui Marsekal Hadi Sebagai Panglima TNI

on

Jambur.com,Jakarta-Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah sepakat dan satu suara untuk menyetujui Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI baru yang akan menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun di Maret 2018. Marsekal Hadi merupakan calon tunggal yang diusulkan Presiden Joko Widodo kepada DPR.

Persetujuan DPR terhadap Marsekal Hadi dinyatakan dalam jumpa pers di Gedung DPR, Rabu (6/12/2017) setelah selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Komisi I DPR.

Ketua Komisi I DPR, Abdul Kharis mengatakan seluruh fraksi yang hadir dalam rapat telah setuju akan Marsekal Hadi menjadi Panglima TNI setelah selesai melakukan uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR.

“Setelah selesai melakukan fit and proper test dengan seluruh fraksi maka rapat pada hari ini Komisi I menyetujui Marsekal Hadi jadi Panglima TNI,” ujar Ketua Komisi I Abdul Kharis.

Proses uji kelayakan dan kepatutan telah dilakukan dengan tiga tahap, yaitu seleksi administrasi, pemaparan visi dan misi, dan pendalaman. Materi yang ditanyakan  kepada Marsekal Hadi adalah terkait kepemimpinan, profesionalitas, dan integritas TNI.

Abdul Kharis menilai Marsekal Hadi  merupakan sosok yang mumpuni dan telah menyelesaikan berbagai persyaratan sebagai seorang Panglima TNI.

“Komisi I juga telah menyetujui pemberhentian dengan hormat kepada Jenderal Gatot Nurmantyo,” ujar Kharis.

Sementara Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap agar pelantikan Marsekal Hadi dilakukan secepatnya. Jenderal Gatot mengaku ikhlas memberikan tongkat estafet kepada Marsekal Hadi.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you