Berita

Komisi I DPR Gelar Uji Kepatutan Dan Kelayakan Calon Panglima TNI

on

Jambur.com,Jakarta-Hari ini Komisi I DPR akan mengadakan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon Panglima TNI usulan Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Pada hari Rabu pukul 10:00 WIB, kami akan mulai melaksanakan uji kelayakan,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12/2017) kemarin.

Hasanuddin mengatakan, pada 45 menit awal, Komisi I akan melaksanakan pemeriksaan administrasi, lalu selanjutnya memulai uji kepatutan dan kelayakan. Sementara pemaparan visi dan misi akan dilakukan terbuka sementara pendalaman lainnya akan dilakukan secara tertutup.

Hingga saat ini belum ada fraksi yang menunjukkan sikap yang menolak, baik itu dari fraksi pendukung pemerintah maupun fraksi di luar pemerintah.

Namun ada juga fraksi yang memandang KSAU Hadi tidak begitu terlalu menonjol dari segi prestasi. Pernyataan tersebut langsung dinyatakan oleh Ketua Fraksi Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

“Sebagai pemegang jabatan KSAU, saya pikir beliau belum terlalu lama dalam jabatan itu. Saya kira juga tidak ada prestasi yang luar biasa, tidak ada juga ide-ide yang luar biasa dari beliau. Namun sebagai seorang prajurit beliau cukup baik,” kata Muzani.

Namun ada juga fraksi yang menilai langkah Presiden Jokowi sudah tepat, pertama karena memilih kepala staf dari matra Angkatan Udara.

Wakil Ketua Komisi I dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Hanafi Rais mengatakan, Panglima TNI yang berasal dari Angkatan Udara terakhir kali dipilih pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Saya pikir ini sudah tepat dan KSAU ini dibilang the right man on the right place, on the right time,” ucap Hanafi.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you