Berita

Dulu Harga Buah Ini Melejit, Sekarang Hampir Tidak Berharga Lagi

on

Jambur.com- Semua orang pasti hampir mengenal yang namanya buah naga. Buah yang pernah merajai pangsa pasar dengan harga melejit, kini tak lagi berharga lagi. Itu terjadi di seluruh Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu petani buah naga di Banyuwangi, M. Chafidz Ali Wafa, asal Desa Ringin Agung, Kecamatan Pesanggaran mengaku heran dengan harga buah naga yang terjadi pada akhir-akhir ini.

“Sekarang buah naga bisa dikatakan tidak laku. Buah naga jenis A harganya hanya Rp. 1500 per kilogram. Untuk jenis B masih bisa dijual Rp 1000 per kilogram. Sedangkan jenis C, sudah tidak laku,” kata Ali Wafa.

Gara-gara harga buah naga tidak lagi semanis buahnya, Wafa dan petani lain mengaku cukup terpukul. Mereka berharap harga buah naga bisa naik seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Pemerintah Kabupaten Banyuwangi setidaknya harus turun lapangan dan mencari solusi agar harga buah naga segera membaik. Misalnya bisa menyambungkan penjualan dengan pedagang agar bisa dijual ditempat yang lebih mahal,” ujar pria yang pernah kuliah di Malaysia itu.

Data yang telah berhasil dikumpulkan bahwa anjloknya harga buah naga terjadi beberapa tahun terakhir ini. Pada 2012 lalu, harga buah yang banyak dibudidayakan itu masih bertahan pada kisaran harga Rp 10.000 sampai Rp 20.000. Namun, sejak dua tahun terakhir ini, harga buah naga berangsur turun pada posisi terendah yaitu Rp 1500.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!