Berita

Wapres Usulkan Kursi Antingantuk Buatan Mahasiswa Untuk DPR

on

Jambur.com,Malang-Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku tertarik terhadap penemuan dari empat orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang. Adapun penemuan tersebut adalah kursi yang dapat mencegah ngantuk atau disebut dengan kursi antingantuk.

JK tertarik karena kursi tersebut dinilai tepat digunakan oleh anggota DPR. JK sendiri sampai menyebut Ketua DPR saat berbicara mengenai kursi antingantuk tersebut.

“Nanti saya akan memberi usulan kepada Ketua DPR agar menggunakan alat itu. Tempat duduk antingantuk,” ujar JK saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis di Universitas Brawijaya, Senin (5/12/2017).

Sebenarnya dibuatnya kursi antingantuk tersebut bukan ditujukan kepada anggota DPR. Kursi tersebut dibuat oleh Wahyu Tasry bersama tiga orang rekannya, Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan yang bertujuan untuk mencegah kecelakaan.

Ngantuk merupakan salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Hal tersebut lah yang kemudian  menginspirasi para mahasiswa tersebut untuk membuat sebuah kursi yang mencegah ngantuk. Kursi antingantuk tersebut didesain dengan memakai alas duduk yang dapat mendeteksi detak jantung orang yang duduk di atasnya.

“Cara kerja alat antingantuk ini berasal dari sensor detak jantung yang terpasang pada pergelangan tangan. Saat detak jantung terbaca di bawah angka normal, secara otomatis alas duduk bisa menciptakan getaran yang memicu detak jantung kembali meningkat,” ujar Prayoga, Selasa (5/12/2017).


Penemuan para Mahasiswa ini diklaim aman digunakan saat berkendara, yang hanya berupa gelang dan alas duduk.

“Ketika alat ini bergetar, detak jantung akan meningkat dan otomatis juga dengan aliran darah. Sehingga akan tetap terjaga dan konsentrasi saat berkendara dan tetap,” ucap Prayoga.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you