Berita

Bom Bunuh Diri Di Nigeria Tewaskan 17 Orang

on

Jambur.com,Biu-Sebanyak 17 orang meninggal dan 50 orang luka-luka karena ledakan dua bom bunuh diri di pasar pagi yang sibuk di Kota Biu, berjarak 185 km dari selatan Ibu Kota Negara Bagian Borno, Maiduguri, Nigeria, Sabtu, (2/12/2017) waktu setempat.

“Ada dua orang wanita pelaku bom bunuh diri masuk ke Kota Biu. Salah seorang meledakkan sebuah IED (Improvised Explosive Device) yang diikat ke tubuhnya dan seorangnya lagi bertugas meledakkan dirinya di luar pasar.” Ujar juru bicara Kepolisian Biu seperti dikutip kantor berita AFP.

Dari keterangan pihak kepolisian Biu, ada sebanyak 17 orang korban yang meninggal dunia. Namun laporan dari juru bicara milisi sipil setempat, Ibrahim Saidu Maniya, mengatakan angka korban meninggal dunia mencapai 18 orang.

Pasca ledakan bom bunuh diri tersebut, belum ada pihak yang mengklaim dan bertanggung jawab atas ledakan tersebut. Tetapi, Boko Haram, kelompok pemberontak di Nigeria, yang telah dikenal biasa menggunakan perempuan dan remaja untuk melakukan bom bunuh diri.

“Itu merupakan ledakan yang sangat kuat, karena dapat didengar di seluruh kota. Saya mendengar ada ledakan besar dan asap tebal yang mengepul dari arah pasar. Saat itu juga saya tahu pasar telah diserang.”  ucap seorang penduduk Biu, Ahmad Babagana.

Sebelumnya kota Biu dan desa-desa di sekitarnya juga sudah pernah dihantam bom dan yang disalahkan adalah kelompok pemberontak Boko Haram selama delapan tahun terakhir. Setelahnya pada Agustus 2015, sebuah bom bunuh diri juga menelan korban sekitar 50 orang di pasar.

Kelompok pemberontak Boko Haram dikenal memberontak dengan bom bunuh dirinya dan setidaknya ada 20.000 orang yang telah tewas dan lebih dari 2,6 juta penduduk yang telah kehilangan tempat tinggalnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you