Berita

China, Korea Selatan, Singapura Tertarik Bangun LRT Medan

on

Jambur.com,Medan-Pemerintah Kota Medan saat ini sedang membicarakan tentang proyek Light Rail Transit (LRT). Proyek Light Rail Transit (LRT) Medan akan diupayakan kerja sama antara pemerintah dengan badan usaha (KPB).

Walikota Medan, Dzulmi Eldin mengatakan, dari hasil feasibility study yang dilakukan guna proyek LRT Medan tersebut, terdapat beberapa investor yang sudah tertarik untuk  berinvestasi untuk pembangunan kereta api ringan pertama di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Eldin mengatakan, saat ini ada 10 investor lokal dan mancanegara yang telah tertarik untuk berinvestasi dalam proyek yang diyakini dapat mengatasi kemacetan di kota Medan tersebut.

“Ada 10 investor yang sudah berminat. Dan bahkan, dari 3 koridor yang kita rencanakan untuk dibangun, ada yang ingin menyambung lagi tambah koridor dan sudah datang ke kita,” ujar Eldin, Rabu (29/11/2017).

Tidak menyebutkan rincian dari investor tersebut, tetapi Eldin menyebutkan beberapa investor mancanegara yang tertarik berasal dari  China, Korea Selatan dan Singapura. Bahkan, investor dari China meminta agar dalam rencana pembangunan tersebut ditambahkan beberapa koridor.

“Investor luar ada dari Korea Selatan, Singapura, China. Bahkan yang dari China mereka datang sendiri untuk nawarin. Mungkin mereka tertarik dengan pola yang kita tawarkan,” ujarnya.

Dalam perkembangannya, pembangunan LRT Medan saat ini masih dalam tahap final business case (FBC). Setelah tahap tersebut selesai, diharapkan proses lelang investor dapat terlaksana pada tahun depan dan konstruksi dimulai di 2019.

Proyek ini sudah tercatat dalam daftar Public Private Partnership (PPP) project 2017 atau proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

“Saya komitmen untuk nanti (investasi), saya sampaikan dulu ke Bappenas atau Kementerian Keuangan melalui SMI (Sarana Multi Infrastruktur), atau kalau mau kerja sama sendiri dengan kita, namun jaminannya cuma jaminan dari Pemkot saja. Kalau mereka mau jaminan seperti yang dilakukan KPBU, mereka harus lakukan proses ini,” tuturnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!