Berita

Dituduh Korupsi, Seorang Jenderal China Tewas Gantung Diri

on

Jambur.com,Beijing-Seorang pejabat militer senior China tewas gantung diri setelah dituding melakukan kasus korupsi.

Diberitakan dari kantor Xinhua via AFP, pada Selasa, (28/11/2017), Jenderal Zhang  ditemukan tewas setelah gantung diri di kediamannya pada hari Kamis pekan lalu (23/11/2017).

Sebelum memutuskan untuk gantung diri, Jenderal Zhang telah dicurigai oleh Presiden China, Xi Jinping  melakukan korupsi dan telah masuk ke dalam daftar-daftar terkhusus dalam kasus tersebut dan pada bulan Oktober lalu dalam acara Kongres Partai Komunis, Presiden Xi Jinping berbicara dalam pidatonya akan segera membasmi para pejabat negara yang nantinya terbukti melakukan korupsi.

Tercatat sejak tahun 2012, China telah menangkap tersangka korupsi sebanyak 1,5 juta yang didalamnya terdiri dari pejabat militer senior China.

Profesor Institut Strategi Pertahanan Shanghai, Ni Lexiong, mengatakan posisi Jenderal Zhang yang menjabat sebagai Kepala Departemen Politik dalam Komisi Militer China sekaligus juga sebagai anggota Komisi Militer Pusat di Partai Komunis membuatnya kian leluasa melakukan perbuatan korupsi.

Jabatan tersebut membuat Jhang memiliki otoritas untuk mempertimbangkan jabatan dan kepangkatan pejabat militer di China. Diduga, Jhang telah terima uang gratifikasi untuk meloloskan seorang perwira duduk di posisi yang strategis.

“Dalam jangka 20 tahun terakhir ini, berapa orang yang telah dia bawa menduduki posisinya?” tanya Lexiong.

Dilansir dari Xinhua, seorang pejabat di China mengatakan, Zhang diduga telah melanggar kode etik protokol dan hukum anti-korupsi.

Sementara itu, Harian Tentara Pembebasan Rakyat, media kepunyaan militer, menduga Zhang sengaja lari dari tanggung jawab dan mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri.

“Jenderal yang dulunya sangat disegani, dan memiliki dua wajah, harus berakhir dalam kehidupan yang sangat memalukan,” tegas harian tersebut.

Pada satu sisi, Jhang mengatakan keloyalitasannya terhadap pemerintahan China. Tetapi di sisi lainnya, dia seorang koruptor.

“Militer tidak memberi toleransi pada kasus korupsi yang disembunyikan anggotanya. Kami langsung akan membasmi mereka memakai pistol tepatnya di depan wajah mereka,” ujar harian tersebut.

Jenderal Zhang diduga memiliki hubungan dengan dua pejabat militer Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Guo Boxiong dan Xu Caihou, yang sebelumnya telah dipecat dari Partai Komunis China. Guo divonis penjara seumur hidup karena telah terbukti melakukan korupsi pada tahun 2016. Sementara  itu Xu meninggal karena penyakit kanker pada 2015 saat sedang berlangsung proses penyelidikan terhadapnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you