Berita

Uji Coba Nuklir Korut Hancurkan Rumah Dan Sekolah

on

Jambur.com,Pyongyang-Dalam uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara pada September lalu ternyata ada beberapa pihak yang dirugikan karena beberapa pemukiman warga dan juga sekolah di sebuah desa yang berdekatan dengan lokasi tes Punggye-ri dikabarkan rusak atau ambruk.

Ledakan yang disebabkan oleh tenaga nuklir diduga menjadi pemicu getaran yang menyebabkan adanya gempa yang berlangsung lebih kurang delapan menit, ditambah juga adanya gempa susulan. Berita itu dinyatakan oleh kelompok pembelot Korea Utara. Demikian yang dilansir dari Express.co.uk.

Berdasarkan pernyataan kelompok yang membelot tersebut, bahwa peternakan, rumah dan sekolah dilaporkan ambruk dan rusak karena gempa yang berkekuatan 6,3 skala richter yang dipicu uji coba nuklir bawah tanah. Tidak hanya itu, sebanyak 150 siswa juga luka-luka karena reruntuhan gedung sekolah, yang berlokasi di provinsi Hamgyong Utara.

Korea Utara dituduh tidak berhasil dalam menjaga dan memperingatkan warganya saat melakukan uji coba nuklir yang mereka lakukan termasuk saat ada anak-anak yang menunggu di ruang kelas mereka ketika sekolah ambruk.

Pemerintah Korea Utara juga dikabarkan memerintahkan para petani agar lebih mengedepankan masa panen lahan pertanian dari pada memperbaiki kerusakan rumah mereka.

“Petani bahkan tidak sempat terpikir untuk  memperbaiki kerusakan rumah mereka karena terlalu sibuk untuk mengurus lahan pertanian dan panen mereka. Bahkan hingga tiga bulan sejak kejadian gempa,” ujar sumber tersebut.

“Para petani juga dipindahkan tinggal di penampungan sementara atau diminta tinggal di rumah tetangga yang tidak mengalami kerusakan,” tambahnya.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you