Berita

Bunga Yang Sudah Kering Ini Ternyata Juga Punya Manfaat Lho, Simak Penjelasannya

on

Jambur.com-Bunga yang memiliki banyak warna yang indah ditambah lagi aromanya yang semerbak. Bunga ini banyak dijumpai di Bali, bahkan sering diselipkan di telinga sebagai ciri khas Bali. Ya itulah dia bunga kamboja.

Ternyata bukan hanya bunga kamboja yang mekar saja yang menjadi idaman, tetapi kamboja kering pun juga dimanfaatkan.

1. Bahan Aromaterapi

Aroma dari bunga kamboja yang semerbak ternyata tetap bertahan bahkan sampai dia kering. Aroma bunga ini dipercaya dapat menimbulkan efek tenang dan segar.

Hal inilah yang membuat banyak orang membuat aromaterapi dari bunga kamboja. Awalnya kamboja dikeringkan, lalu diolah hingga menghasilkan ekstrak wangi kamboja. Dan nantinya, ekstrak ini akan diolah menjadi berbagai bentuk aroma terapi, seperti lilin. Ekstrak ini juga bisa diolah bersama bahan dupa sehingga asap dupa untuk bersembahyang memiliki aroma kamboja.

2. Sebagai Parfum

Bukan hanya menjadi bahan aromaterapi, ternyata kamboja kering juga bisa diolah menjadi parfum. Pengolahan sederhananya yaitu dengan menumbuk bunga kamboja yang sudah kering lalu dicampur dengan cairan khusus pembuat parfum. Hasilnya, parfum aroma kamboja pun bisa digunakan.

3. Membantu Perekonomian Masyarakat Bali

Kamboja pun banyak dikumpulkan, terutama oleh masyarakat di Bali. Kemudian, kamboja akan dijemur hingga kering lalu diolah. Satu kilogram kamboja kering ini bahkan bisa menjadi lebih dari Rp100.000. Hal ini pun akhirnya bisa membantu perekonomian terutama masyarakat Bali.

About Irvan Yoanda

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal. AYO MEMBACA!!!!!!!