Berita

Wow! Ternyata Mandul Bisa Dideteksi Sejak Usia Dini, Ini Ciri-Cirinya

on

Jambur.com,Kesehatan- Setiap pasangan pasti ingin cepat-cepat punya keturunan setelah menikah. Tapi bagaimana jika salah satu pasangan mandul? Biasanya, masalah yang sangat sensitif ini sebenarnya sudah bisa terlihat terutama pada wanita.

Namun, tidak ada tanda yang pasti bagaimana wanita bisa dinyatakan mandul.
Berikut ini adalah beberapa ciri wanita mandul sejak dini yang perlu diamati semua wanita:

1. Kurang Berat Badan

Wanita yang mandul sering mengalami masalah hormon dan semua bisa terlihat dari fisiknya. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah berat badan yang sangat rendah.

Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal termasuk olahraga secara keras yang merusak sistem hormon dan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Kemudian ketika melakukan diet tanpa lemak maka berat badan akan menurun dengan cepat. Akibatnya berat badan akan menurun dengan cepat, kemudian bisa memicu kacaunya sistem hormon dan membuat wanita tidak subur.

2. Menstruasi Berat

Kelebihan darah saat menstruasi bisa menjadi tanda adanya kondisi yang mengacu pada kemandulan. Istilah pendarahan berat salah satunya adalah gangguan menstruasi yang terjadi karena penebalan dinding rahim, hormon yang tidak seimbang, dan kondisi psikis seperti tingkat stres yang tinggi.

Kemudian pendarahan berat saat menstruasi bisa terjadi karena tidak adanya progesteron dalam tubuh yang menjadi pemicu ovarium tidak menghasilkan sel telur. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa saluran reproduksi tidak mengalami ovulasi yang normal.

3. Menstruasi Tidak Teratur

Tanda wanita mandul yang sangat jelas adalah siklus menstruasi yang tidak teratur.
Bisa saja dalam satu waktu menstruasi datang sangat cepat dan singkat.Namun pada periode menstruasi selanjutnya terjadi dengan pendarahan yang berat.

Dan pada waktu yang lain bisa saja tidak terjadi menstruasi sama sekali. Ini bisa menjadi petunjuk bahwa tubuh tidak mengalami ovulasi sama sekali sehingga tidak ada sel telur. Dan ini masalah yang berat karena wanita ini tidak akan bisa hamil kecuali dengan perawatan yang baik.

4. Saat Menstruasi Terasa Sakit

Tidak semua rasa sakit saat menstruasi mengacu pada ciri-ciri wanita mandul. Namun beberapa wanita yang mengalami hal ini juga bisa terjadi karena memang mandul. Menstruasi yang sangat menyakitkan bisa terjadi karena masalah hormon dan penyakit pada ovarium atau indung telur.

Terlebih jika disertai dengan beberapa gejala seperti sakit saat buang air kecil, darah yang lebih banyak, darah menggumpal, ada darah saat buang air kecil dan rektum yang sakit. Endometriosis terkadang tidak bisa didiagnosa namun dengan pemeriksaan detail maka dapat ditemukan dengan cepat.

6. Banyak Rambut pada Tubuh

Umumnya wanita memiliki rambut yang lebih sedikit dibandingkan pria.
Namun ketika produksi androgen dalam tubuh sangat tinggi maka wanita bisa memiliki rambut halus yang lebih banyak.
Jenis rambut halus ini lebih banyak ditemukan pada bagi

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you