Berita

Tips Atasi Masalah Anak Susah Makan Sayur Tanpa Harus Membuatnya Tertekan

on

Jambur.com,Kesegatan-Anak pilih-pilih makanan sudah jadi hal biasa dalam dunia ibu. Biasanya mereka cenderung memiliki makanan favorit dan menolak makanan lain. Padahal anak sangat butuh beragam gizi dan vitamin untuk menunjang pertumbuhannya.

Dalam hal ini, kami akan berbagi cara mengatasi anak yang suka pilih-pilih makanan. Tapi, mengatasinya tentu harus dengan cara yang tepat supaya mereka tidak tertekan. Bagaimana caranya? Simak di bawah ini.

1. Hargai selera makan anak

Orang tua terbiasa memaksa anak untuk makan meskipun anak sudah menolak. Jangan paksa anak untuk makan makanan dalam porsi besar. Bisa jadi, si anak merasa tidak nyaman saat makan karena sebenarnya masih kenyang. Sebaiknya sediakan makanan dalam porsi kecil untuk mendorong nafsu makannya.

2. Sabar memperkenalkan makanan baru

Anak cenderung enggan mencoba makanan yang baru dilihat. Karena itu, kita bisa memperkenalkannya dengan membicarakan tentang makanan tersebut, mulai dari warna, bentuk dan tekstur agar anak lebih familiar. Sajikan makanan baru bersamaan dengan makanan favoritnya sehingga mereka tertarik untuk mencoba dan tidak pilih-pilih makanan.

3. Berikan saus untuk sayuran

Untuk anak yang susah makan sayuran, ada cara jitu untuk membuatnya mau mencoba. Sajikan sayuran yang sudah dipotong-potong dengan saus sebagai celupan, misalnya saja saus keju atau saus bolognaise kesukaannya. Dengan begitu, rasa sayuran yang pahit bagi lidah anak tidak akan terasa dengan cara diaplikasikan. Mereka pun bisa menikmati sayurannya tanpa menolak.

4. Jangan sediakan makanan lain

Saat anak menolak untuk makan, jangan berikan makanan lain karena hal itu bisa menambah alasannya untuk pilih-pilih makanan. Biarkan anak tetap duduk di meja makan dengan makanan yang sama. Hal ini akan membuatnya terbiasa untuk menghabiskan makanan yang sudah tersedia.

5. Jangan janjikan dessert sebagai hadiah

Menjanjikan dessert atau makanan manis pada anak akan membuat mereka membayangkan makanan manis sepanjang waktu makan. Karena itu hindari pemberian dessert setelah makan atau jadwalkan misalnya dua kali dalam satu minggu. Bisa juga mengganti dessert dengan buah atau yogurt sebagai pilihan yang lebih sehat.

6. Libatkan anak saat berbelanja

Melibatkan anak saat belanja dan saat memasak bisa jadi cara tepat supaya mereka lebih semangat makan. Ajak anak ke supermarket untuk memilih buah, sayuran dan makanan lain. Dengan begitu, kita juga akan tahu makanan mana yang ia mau makan tanpa paksaan.

Jangan menyerah untuk terus memberikan makanan yang bergizi pada anak. Ingat, masa depan bangsa ini terletak pada anak-anak kita.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you