Berita

Kapolri Tito Himbau Pilkada Serentak 2018 Jangan Gunakan SARA

on

Jambur.com,Jakarta-Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan Pilkada yang digelar serentak pada tahun 2018 mendatang akan berlangsung lebih mudah dan damai kalau para kontestan tidak memanfaatkan isu SARA sebagai kepentingan politik. Tito meminta agar setiap calon agar lebih baik menawarkan program dibanding dengan memakai isu-isu yang sensitif.

“Akan jauh lebih mudah kalau para kontestan politik beserta pendukungnya tidak memanfaatkan isu-isu sensitif yang bisa memecah-belah masyarakat biasa. Seperti kesukuan, keagamaan dan ras (SARA). Jual program itu akan lebih baik,” ujar Tito di gedung BEI, Jalan Sudirman, Jakarta, Senin (20/11/2017).

Tito mengaku mengerti bahwa setiap orang ingin memperjuangkan agama dan sukunya masing-masing. Tetapi, Tito meminta agar hal tersebut tidak menjadi komoditas politik yang bisa merusak persatuan bangsa.

“Yaitu isu suku, agama dan ras. Tolong jangan bawa isu suku, agama dan ras. Walaupun kita memperjuangkan agama masing-masing, memperjuangkan primordialisme, tetapi jangan sampai hal tersebut menjadi komoditas, untuk menyerang yang lain sehingga mengoyak kebangsaan kita. Nah itu yang bahaya,” ujar Tito.

Tito menambahkan, bangsa Indonesia sudah terbiasa dalam mengikuti setiap pesta demokrasi. Dia juga percaya bahwa masyarakat kian semakin cerdas dalam menentukan sikap dalam setiap masalah yang ada dalam demokrasi tersebut.

“Saya sampaikan tadi bahwa kita telah terbiasa dengan pilkada, sudah terbiasa lebih dari 10 tahun, pilpres dan yang lainnya. Kita sudah mulai matang dalam berdemokrasi,” kata Tito.

Tito menjelaskan bahwa pilkada juga akan berjalan dengan baik dan lancar ketika pihak TNI dan Polri bisa kompak. Kedua institusi tersebut merupakan hal penting bagi berjalannya pilkada yang aman dan damai.

“Adanya kunci utamanya adalah TNI dan Polri harus kompak. Dua kekuatan bersenjata ini, yang terbesar ini harus kompak, itu kunci utama,” ujarnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you