Berita

Manfaat Daun Pisang Yang Jarang Diketahui Bagi Kesehatan

on

Jambur.com,Kesehatan-Umumnya daun pisang dijadikan sebagai bahan pembungkus makanan. Selain tampilannya yang cenderung natural, membungkus makanan dengan daun pisang mempunyai nilai penyajian yang begitu khas.

Tapi tak sebatas itu kegunaannya, seperti dilansir pada jambur.com ternyata daun pisang menyimpan segudang khasiat yang mengagumkan bagi kesehatan. Berikut beberapa khasiat dari daun pisang:

1. Meredakan Batuk

Caranya: Rebuslah daun pisang secukupnya, lalu ambil airnya saja untuk diminum. Minumlah selagi air rebusan masih hangat, dan terapkan secara rutin maka batuk akan cepat mereda.

2. Sebagai Obat Sakit Dada

Sakit dada banyak dipengaruhi oleh perokok, efek alkohol maupun banyaknya lendir di paru–paru. Untuk mengatasinya hal itu bisa minum air hasil rebusan daun pisang dan dikonsumsi secara teratur.

3. Mengatasi Disentri

Disentri termasuk gangguan atau radang pada usus, sehingga menimbulkan bercak darah saat BAB dan disertai lendir. Untuk mengatasi masalah tersebut, cukup mengunyah daun pisang Kapok yang sudah dibersihkan, lalu telanlah air sarinya atau kandungan getahnya saja.

4. Untuk Obat Luka

Caranya: Haluskan daun pisang yang masih segar, atau bisa memblendernya dengan tambahan sedikit air. Kemudian oleskan daun pisang yang sudah dihaluskan tadi pada luka, biarkan hingga mengering. Secara bertahap luka ringan pada kulit akan disembuhkan.

5. Mengatasi Radang Tenggorokan

Caranya: Jemurlah daun pisang hingga kering, lalu rebuslah daun yang sudah kering hingga mendidih. Selanjutnya minumlah hasil rebusan tadi secara rutin, sehingga sakit pada tenggorokan bisa diminimalisir secara alami.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you