Berita

Komisi I DPR RI Minta Panglima TNI Berasal Dari Angkatan Udara

on

Jambur.com,Jakarta-Pergantian Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo saat ini menjadi perbincangan hangat menjelang masa pensiun sang jenderal tersebut. Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanudin meminta agar Panglima TNI setelah Gatot berasal dari Angkatan Udara (AU).

“Saat ini dari Angkatan Darat, sebelumnya Pak Moeldoko juga dari Angkatan Darat. Sebelumnya lagi dari Angkatan Laut, dan sebelumnya juga dari Angkatan Darat, Pak Djoko Santoso. Kalau seperti itu, ada baiknya agar adil maka dari Angkatan Udara, itu saja. Tapi kembali lagi, itu hak prerogatif presiden,” ujar TB di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 November 2017.

TB mengatakan bahwa Komisi I DPR saat ini terima nama pengganti Jenderal Gatot meski pada Desember mendatang DPR kembali memasuki masa reses. Padahal, kata TB, proses uji kepatutan dan kelayakan Panglima TNI memakan waktu yang lumayan lama.

“Sampai hari ini belum, kita berharap segera karena masa sidang tidak lebih dari satu bulan. Desember mendatang sudah reses lagi, padahal itu memerlukan waktu 2 minggu. Mulai masuk ke pimpinan DPR. kemudian dibawa ke Paripurna, kemudian di Bamus, kemudian di Komisi I, kemudian menyiapkan fit and proper test, lalu dikembalikan ke DPR untuk diparipurnakan. Itu 2 minggu,” ujar TB.

TB meminta pemerintah agar mempercepat menentukan nama Panglima TNI pengganti Gatot. Agenda Pilkada 2018 mendatang juga perlu bantuan dari TNI sehingga panglima yang baru sudah harus ada.

“Harus ada sineegitas untuk menghadapi pilkada serentak. Walaupun TNI tidak terjun langsung, tapi diperbantukan. Jadi as soon as possible,” ujarnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you