Berita

Dandim Yang Menampar Kepala Desa Akhirnya Dibebastugaskan

on

Jambur.com,Rembang-Karena menampar seorang kepala desa, Komandan Kodim (Dandim) 0720/Rembang, Letkol (inf) Darmawan Setiyadi, akhirnya dibebastugaskan pada Minggu (12/11/2017).

Insiden tersebut terjadi di hari Jumat, (10/11/2017), pada acara rapat koordinasi (rakor) pengawasan dana desa di Pendopo Museum RA Kartini Rembang. Kejadian bermula saat Darmawan menyampaikan materi, namun Kepala Desa Jambangan Muhammad Hilaludin bersikap seolah tidak memperhatikan atau cuek.

Merasa kurang dihargai, Darmawan lalu memanggil Hilaludin ke depan dan ketika Hilaludin sudah mulai dekat, Darmawan pun menampar pipi kiri kepala desa tersebut. Saat itu juga para kepala desa yang hadir dalam acara itu langsung memberikan protes atas kejadian tersebut.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Tatang Sulaiman melalui keterangan tertulisnya membenarkan telah terjadi insiden penamparan tersebut. Tetapi kasus tersebut langsung dibicarakan secara kekeluargaan yang di mediasi oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz.

“Betul akan adanya insiden tersebut. Atas peristiwa itu kami mengaku menyesal dan telah diselesaikan secara kekeluargaan dan ada kesepakatan untuk tidak menuntut secara hukum disertai permohonan maaf Dandim Rembang kepada yang bersangkutan dan dimediasi oleh Bupati Rembang dan Forkopimda Kabupaten Rembang,” ujar Tatang.

Tatang menambahkan, dia telah berkoordinasi dengan Mabes TNI Angkatan Darat dan Darmawan akan tetap diproses secara internal.

“Penggantinya telah disiapkan,” ucap Tatang.

Ia meminta agar seluruh jajarannya mengambil pelajaran dan agar kejadian seperti ini tidak terulang kedepannya.

Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 073/Makutarama Mayor CAJ (K) July Silooy mengatakan, terhitung mulai Minggu (12/11/2017) ini, Letkol Inf Darmawan Setiady tidak lagi memiliki wewenang tugas dan tanggung jawabnya atau dibebastugaskan sebagai Dandim 0720/Rembang.

“Beliau Dandim 0720/Rembang mulai hari ini telah dibebastugaskan dan sebagai penggantinya sementara adalah Letkol Inf Teddy Himawan, Kasiter Korem 073/Makutarama,” ujar July.

Selanjutnya untuk dugaan kasus penamparan tersebut, ia memastikan Darmawan dan kasus ini akan ditangani sesuai koridor yang berlaku di militer.

“Kasusnya tetap diusut karena di institusi militer ada aturannya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan dan akan diproses sesuai aturan,” ujarnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you