Berita

Bakercab GmnI Kota Medan Kritisi Pembangunan Kota Medan

on

Jambur.com/Berita Mahasiswa –  Tepat di hari Hari Pahlawan kemarin Badan Kerja Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (BAKERCAB GmnI) KOTA MEDAN kembali memperingatinya dengan melakukan aksi dengan turun ke jalan menuju kantor Walikota Medan pada hari Jumat, (10/11/2017) kemarin.

Bakercab GmnI Kota Medan menyebutkan jika otonomi daerah sebagai perwujudan pemerintahan daerah  sebenarnya didasarkan pada harapan untuk tidak terjadinya pemusatan kekuasaan pada satu orang atau satu lembaga untuk terciptanya iklim demokrasi dan kedaulatan rakyat yang sejati-jatinya

Bakercab GmnI Kota Medan menyoroti bahwa dalam hal ini kota Medan yang termasuk dalam kota besar di Indonesia tidaklah juga terhindar dari tuntutan pembangunan daerah atas dasar otonomi yang berkeadilan dan berkerakyatan. Sebagai kota metropolitan, persoalan mendasar seperti macet, banjir, ketimpangan sosial, penegakan hukum dan HAM,infrastruktur dan tata kota yang kurang memadai, imb yang bermalsah juga minimnya ruang terbuka hijau (RTH) masih tetap belum memberikan dampak yang besar bagi kemaslahatan masyarakat kota medan.

Tidak dapat dipungkiri, peran kepala daerah dalam menentukan arah pembangunan daerah sangat besar. Apabila tidak ada political will dari pimpinan, usaha-usaha perbaikan tidak dapat dilakukan. Selain itu, dibutuhkan kepala daerah yang memang mampu dan  tanggap terhadap respon dan keluhan masyarkat hingga kepada penglihatan masalah di lapangan ,yang kesemua itu sudahlah jelas bahwa peran pemimpin daerah adalah sebaagi pelayan dan pengayom masyarakat. Untuk itu diperlukan pembinaan kader-kader politik yang menjadi pemimpin daerah dengan membekali pendidikan serta pengetahuan yang luas mengenai kearifan lokal dan hakikat kepemimpinan yang ada untuk rakyat .

Dengan mempertimbangkan dan banyak melakukan peneelitian fakta-fakta dilapangan , maka hari ini tanggal 10 november 2017 yang bertepatan dengan hari pahlawan mendorong kami dari badan kerja cabang gerakan mahasiswa nasional indonesia kota medan untuk ikut berjuang demi memelihara nilai perjuangan para pahlawan dengan memperjuangkan aspirasi rakyat dengan berdemonstrasi di depan kantor Wali kota medan

Dalam aksinya, Bakercab GmnI kota Medan menuntut adanya realisasi :

  1. Kepemimpinan yang merakyat , tidak hanya bersifat elitis
  2. Transparansi anggaran
  3. Pemberdayaan masyarakatagar terjadinya gotong royong pembanguna
  4. Turunkan pemimpin yang dzolim dan khianat terhadap amanat penderitaan rakyat

 

BADAN KERJA CABANG

GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA

KOTA MEDAN

Setelah melakukan aksi tersebut, kader-kader GmnI yang dinaungi  oleh Bakercab GmnI Kota Medan yang terdiri dari komisariat Hukum UNIKA, Ekonomi UNIKA, Pertanian UNIKA, FKIP UNIKA, Universitas Quality, FKM USUS, Sakultas Hukum USU, Universitas MethodistMedan, mereka pun melakukan evaaluasi di sekeretariat Bakercab GmnI Kota Medan di Jalan Kejaksaan No. 06, Petisah Tengah Kota Medan yang mengahasilkan upaya mengajak semua kawan-kawan mahasiswa gerakaan yang ada di kota Medan untuk berdiskusi bersama mengenai kondisi realitas kota Medan bersama-sama.

 

About Putra Tarigan

Penulis Lepas Rubrik Politik, Hukum dan Hiburan

Recommended for you