Berita

Deddy Mizwar Minta 10 Daerah Rawan Ini Mitigasi Bencana Dipercanggih

on

Jambur.com,Bandung-Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, prihatin dengan bencana longsor yang menerjang permukiman di Kampung Muara RT 03/06 Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung Jawa Barat.

Deddy mengatakan, ada 10 kabupaten yang sudah pasti rawan bencana. “Jadi, pasti setiap tahun akan terjadi bencana dan tinggal bagaimana mengurangi dampak bencananya,” ujar Deddy Mizwar yang akrab disapa Demiz kepada wartawan, Selasa (31/10).

Menurut Demiz, sistem mitigasi bencana harus canggih di setiap tahun. Selain itu, daerah pun harus belajar bagaimana tim mitigasi bencana lebih baik.

“Harusnya di daerah sungai harus ada alarm. Karena ada 10 kabupaten yang rawan. Jadi, jangan nunggu terjadi bencana dulu,” katanya.

Demiz mengatakan, mitigasi bencana harus dilakukan untuk semua daerah termasuk daerah Cipelah yang longsor. Jadi, kalau ada hujan sekian lama maka warga harus cepat-cepat mengungsi.

“Masyarakat di pinggir sungai harus segera mengungsi kalau hujan jangan nongkrong aja,” katanya.

Dedy mengatakan, kesepuluh kabupaten/kota yang rawan bencana di antaranya, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, Kota Bandung, Tasikmalaya, Cianjur, Garut, Majalengka, Sukabumi, Bogor dan Sumedang. Untuk itu, masyarakat harus membangun mitigasi kebencanaan.

Sehingga, bila suatu saat terjadi longsor bisa langsung menghindari bencana yang lebih besar baik korban jiwa maupun harta bendanya. Jika hujan deras, maka masyarakat harus segera mengungsi dan menyelamatkan harta bendanya.

“Selain itu harus selalu melihat peta BPBD dan setiap kabupaten/kota harus memiliki BPBD agar mudah koordinasinya,” katanya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you