Berita

Bukan BLT Tapi Padat Karya Sebagai Cara Jokowi Katrol Daya Beli

on

Jambur.com,Jakarta-Presiden Jokowi sedang merancang sebuah Perpres untuk membuat proyek padat karya yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang nantinya akan menyerap tenaga kerja dengan jumlah besar, yang diyakini sebagai solusi untuk memperkuat daya beli masyarakat yang akhir-akhir ini melemah. Jokowi memerintahkan agar upah dari proyek tersebut harus diberikan dengan tunai.

“Perpres tersebut akan dikeluarkan di bulan Januari 2018,” ujar Jokowi, dalam pertemuan dengan para Pemimpin Redaksi (Pemred) media massa, di Istana Negara, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Jokowi meminta beberapa jajaran seperti  Kementerian Desa Transmigrasi dan Daerah Tertinggal, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pertanian dan Kementerian Perhubungan, agar menyiapkan skala dan teknis proyek padat karya tersebut dengan lebih detil. Proyek padat karya tersebut akan memberi upah kepada para pekerja dan dibayar secara harian dan tunai.

“Harus dibayar langsung dan tunai. Bayarnya mingguan atau harian, nggak bisa bulanan agar dapat memperkuat daya beli,” ujar Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan Kementerian Desa agar proyek padat karya ini sedikitnya dapat menyerap 200 tenaga kerja di masing-masing desa. Saat ini jumlah desa di Indonesia berjumlah 74 ribu desa dan dana desa untuk tahun 2018 dianggarkan sebesar Rp 60 triliun.

Jadi nantinya ada sekitar belasan juta tenaga kerja yang diharapkan terserap melalui proyek padat karya dari Kementerian Desa saja, belum kementerian yang lain.

“Jika dihitung 200 tenaga kerja dikali 74 ribu desa, lebih kurang 15 juta tenaga kerja yang terserap,” ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan, proyek padat karya tersebut tidak sama dengan bantuan langsung tunai (BLT) seperti yang pernah dikerjakan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai cara instan untuk mengatrol daya beli masyarakat.

“Enggak. Enggak akan beri BLT,” tegas Jokowi.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you