Berita

KPK Akan Kembali Panggil Setya Novanto

on

Jambur.com,Jakarta-Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan kembali menjadwalkan pemeriksaan kepada Ketua DPR-RI, Setya Novanto. Setya Novanto akan dimintai keterangan terkait korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

“Yang bersangkutan (Setya Novanto) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur PT Quadra Solution,Anang Sugiana Sudihardjo,” ucap juru bicara KPK, Febri Diansyah, Senin (30/10/2017).

Sebelumnya KPK juga telah pernah menjerat Ketua Umum Partai Golkar tersebut sebagai tersangka. Dia berkali-kali tidak hadir dalam pemeriksaan setelah ditetapkan sebagai tersangka sampai akhirnya menang dalam proses praperadilan.

Setya Novanto juga dua kali tidak hadir saat proses persidangan dengan terdakwa korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong. Setya Novanto juga meminta agar jaksa KPK membacakan BAP miliknya, tetapi ditolak.

Dalam perkara ini, Setya Novanto disebut sebagai kunci anggaran DPR terkait kasus pengadaan proyek e-KTP. Dalam isi dakwaan nama Setya Novanto juga disebut menerima uang sebesar Rp 574 miliar atau sekitar 11 persen dari jumlah proyek dengan nilai Rp 5,9 triliun.

Selain Setya Novanto, KPK juga memanggil mantan bos Gunung Agung Made Oka Masagung, Husni Fahmi sebagai staf di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan seorang pengacara bernama Arie Pujianto.

“Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka saudara ASS,” ujar Febri.

Anang Sugiana Sudihardjo adalah satu diantara lima tersangka dalam kasus yang diperkirakan merugikan negara sekitar Rp. 2,3 triliun setelah dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, politikus Golkar Markus Nari dan Andi Narogong.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you