Berita

Mendagri: Blangko E-KTP Telah Disebar Ke Seluruh Daerah

on

Jambur.com,Jakarta-Menteri Dalam Negeri (Mendagri),Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa blangko KTP elektronik (e-KTP) telah dikirim ke seluruh daerah di Indonesia.

“Blangko telah kita kirim ke seluruh daerah, sebanyak 7,8 juta,” ucap Tjahjo Kumolo pada wartawan saat menghadiri acara sarasehan ‘Indonesia Rumah Kita’ dalam menyambut hari sumpah pemuda, Jakarta, Sabtu (21/10/2017) kemarin.

Tjahjo menambahkan, Kemendagri juga menyimpan satu juta blangko di pusat untuk dimanfaatkan dalam membuka stan layanan perekaman dan pencetakan e-KTP.

“Ini kita manfaatkan kalau ada event nasional atau ada acara apa, kita buka stan,” katanya.

Ia mengatakan, ketidaktersediaan blangko KTP-el di daerah karena sumber daya manusia yang kurang. “Kami juga sudah memberi sanksi kalau dukcapil daerah tidak mau pro aktif ya kita ganti,” tambahnya.

Ia menargetkan di akhir tahun 2017 penyaluran e-KTP sudah harus selesai. Selain itu, masih banyak hal lain yang membuat tersendaknya proses penyaluran maupun perekaman dan pencetakan KTP-el ini. Seperti adanya data pemohon yang lebih dari satu.

“Datanya ada sebanyak 261 juta, NIK (Nomor Induk Kependudukan) nya juga ada, tapi ada satu jutaan yang double,” ujarnya.

Selain itu, masih banyak daerah yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Sumatera Utara masih banyak, kemudian beberapa daerah-daerah perbatasan seperti NTT (Nusa Tenggara Timur), Papua. Kemudian Kalimantan Barat juga sudah lumayan,” ujarnya

Daerah yang paling banyak melakukan perekaman e-KTP adalah Pulau Jawa.

“Tapi pulau Jawa inilah yang paling besar, karena jumlah penduduk di pulau Jawa hampir sebanyak 60 juta penduduk. Jadi masih ada yang belum mau merekam datanya,” tambahnya.

About Yoanda Brery

Membaca dan menulis adalah jalan bagi orang yang ingin belajar dan mengetahui banyak hal.
AYO MEMBACA!!!!!!!

Recommended for you